[SALAH] Cover Majalah TEMPO Edisi 29 Oktober 2020 Bergambar Jokowi Ditenggelamkan

by -16 views

Hasil Penelusuran Fakta Ani Nur MR (Universitas Airlangga).

Gambar hasil manipulasi. Adapun sampul majalah TEMPO Edisi 29 Oktober 2020 tidak bergambar ataupun membahas mengenai Presiden Jokowi.

Selengkapnya baca di PENJELASAN dan REFERENSI.

====

KATEGORI: Konten yang Dimanipulasi

====
SUMBER: Facebook
https://archive.vn/7MeE7

====
NARASI:
Ya Allah
Pengen bgt RRahmi SiregarINJEKK beneran kepala binatang air ini

EDISI 29 OKTOBER 2020
TEMPO
ENAK DIBACA DAN PERLU

JIKA TIDAK MAMPU JANGAN
MEMAKSA,
DIDARAT BUKAN HABITATMU
PAK, TENGGELAM SAJA
SEPERTI SEMULA

HIDUP TAK SE4NJING ERA
MU PAK !!

====
PENJELASAN:
Beredar postingan di Facebook oleh akun bernama Rahmi Siregar di grup “ SAKU (Solidaritas Antar Suku)”, membagikan postingan berupa cover majalah TEMPO edisi 29 Oktober 2020. Sampul tersebut memperlihatkan Presiden Jokowi yang sedang ditenggelamkan dengan cara diinjak oleh sebuah kaki. Lebih lanjut, narasi dalam cover tersebut yakni “jika tidak mampu jangan memaksa. Didarat bukan habitatmu pak, tenggelam saja seperti semula”.

Pencarian fakta dilakukan dengan mesin pencari Google untuk mengetahui cover majalah TEMPO edisi 29 Oktober 2020. Setelah dilakukan penelusuran fakta terkait, diketahui bahwa cover majalah TEMPO yang dibagikan oleh Rahmi Siregar adalah HASIL MANIPULASI.

Dalam website resmi majalah.tempo.co, diketahui bahwa edisi 29 Oktober 2020 tidak tersedia. Pada bulan Oktober 2020, majalah TEMPO hanya merilis 5 edisi, yakni edisi 03, 10, 17, 24, 30 Oktober 2020, dari kelima edisi tersebut tidak ada yang membahas Presiden Jokowi ataupun bergambar Presiden Jokowi.

Lebih lanjut, ditemukan Edisi 29 Oktober 2020 oleh TEMPO di website resmi koran.tempo.co, yang merupakan edisi koran bukan majalah. Dalam sampul depan koran tersebut juga tidak bergambar Jokowi ditenggelamkan ataupun membahas mengenai Presiden Jokowi. Adapun gambar sampul depan koran tersebut memperlihatkan pria mengenakan pakaian safari dengan membawa teropong, dengan narasi sebagai berikut:

“Pamer Si Komo ke Tamu Asing
Pemerintah pusat dan daerah menargetkan pembangunan aneka fasilitas wisata premium di sekitar Labuan Baji dan Taman Nasional Komodo rampung pada Juni tahun depan. Agar bisa pamer di komo kepada pemimpin sejumlah negara yang bakal menghadiri pertemuan tingkat tinggi pada 2023”.

Berdasarkan data yang terkumpul dapat disimpulkan bahwa klaim akun Rahmi Siregar adalah HOAX dan termasuk kategori Konten yang Dimanipulasi.

====

REFERENSI:
https://majalah.tempo.co/search?date=2020-10

https://koran.tempo.co/read/cover-story/459291/pamer-si-komo-ke-tamu-asing

====
Penulis: Ani Nur MR
Editor: Bentang Febrylian

The post [SALAH] Cover Majalah TEMPO Edisi 29 Oktober 2020 Bergambar Jokowi Ditenggelamkan appeared first on TurnBackHoax.