[SALAH] Dana Bantuan Sosial dari Pemerintah Melalui Pertamina Sebesar Rp150 Juta

by -24 views

Hasil Periksa Fakta Fathia Islamiyatul (Universitas Pendidikan Indonesia)

Hoaks lama bersemi kembali. Info hadiah tersebut bukan bersumber dari saluran resmi Pertamina dan tidak dapat dipertanggungjawabkan.

Selengkapnya di bagian penjelasan dan referensi.

= = =
Kategori: Konten Palsu

= = =
Sumber: Tangkapan Layar SMS

= = =
Narasi:
“Ass…
Selamat Anda M-dapatkan
Dana Bantuan Bansos
Dari My pertamina pusat
Bantuan Cek 150jt
PIN(da25e77)
Verifikasi Kode:
www.danabansosper-tamina.cf”

= = =
Penjelasan:
Beredar SMS pemberian dana bantuan sosial pemerintah sebesar 150 juta mengatasnamakan pemerintah. Dalam pesan tersebut disematkan link dan juga PIN pemenang.

Setelah ditelusuri, link yang disematkan dalam pesan tersebut mengarah pada link blogspot bukan lama resmi pertamina yaitu https://mypertamina.id/. Melalui laman resminya, Pertamina menjelaskan tidak terlibat dalam undian atau pemberian hibah melalui e-mail/sms. Pertamina juga mengimbau untuk waspada terhadap segala bentuk penipuan termasuk hadiah dan pemberian melalui SMS/e-mail.

Dilansir dari Pikiran Rakyat, Pejabat Sementara Senior (Pjs) Vice President Corporate Communication and Investor Relations Pertamina, Fajriyah Usman, menyatakan bahwa pesan berisi tautan cek uang tunai Rp150 juta dari Pertamina adalah hoaks. Info hadiah tersebut bukan bersumber dari saluran resmi Pertamina dan tidak dapat dipertanggungjawabkan.

Hoaks serupa pernah muncul pada Juli dan Agustus 2021 kemarin dan telah dibahas dalam artikel periksa fakta Turnbackhoax.id dengan judul “[SALAH] SMS Hadiah 150 juta dari Pertamina”, “[SALAH] Subsidi Hadiah Nasional Berkah Energi Pertamina Periode 3”, “[SALAH] Subsidi 189 Juta dari Pertamina”.

Dengan demikian, klaim dana bantuan sosial pemerintah melalui Pertamina adalah hoaks dengan kategori Konten Palsu.

= = =
Referensi:
https://www.pertamina.com/id/waspada-penipuan
https://prfmnews.pikiran-rakyat.com/cek-fakta/pr-132426496/cek-fakta-benarkah-pertamina-bagi-bagi-hadiah-uang-tunai-rp150-juta?page=2https://turnbackhoax.id/2021/07/14/salah-sms-hadiah-150-juta-dari-pertamina/
https://turnbackhoax.id/2021/08/30/salah-subsidi-189-juta-dari-pertamina/

= = =

Editor: Bentang Febrylian

The post [SALAH] Dana Bantuan Sosial dari Pemerintah Melalui Pertamina Sebesar Rp150 Juta appeared first on TurnBackHoax.ID.

No More Posts Available.

No more pages to load.