[SALAH] “DIBAYAR KONTAN!!! ADZAB PENJUAL AGAMA DEMI HARTA. YUSUF MANSUR SUDAH TERBARING???”

by -36 views

Hasil Periksa Fakta Novita Kusuma Wardhani (Institut Ilmu Sosial dan Ilmu Politik (IISIP) Jakarta. Informasi tersebut salah. Faktanya informasi yang dikemukakan dalam video yang diunggah oleh Channel Youtube bernama titik tumpu tersebut tidak sesuai dengan narasi yang tertera pada thumbnail video.

Selengkapnya di bagian penjelasan.

===

Kategori: Koneksi yang Salah

===

Sumber: Youtube
https://archive.ph/PLGGa

Narasi:
“BERITA TERKINI ~ BALASAN PENGGUNA DANA HAJI YANG TAK DI RIDHOI UMAT. USTADZ YUSUF MANSUR TERBARING!”

Penjelasan:
Terdapat sebuah video berdurasi 13 menit 17 detik yang diunggah oleh channel Youtube bernama titik tumpu mengenai kondisi Yusuf Mansur yang terbaring sakit, bahkan pada foto thumbnail video tersebut memuat tentang foto beberapa orang yang sedang menyolati jenazah, sehingga hal tersebut mengindikasikan adanya persepsi bahwa Ustadz Yusuf Mansur telah meninggal dunia.

Namun ketika video tersebut diputar, tidak ada penjelasan apapun yang menyatakan bahwa Ustadz Yusuf Mansur terbaring sakit ataupun meninggal dunia. Video tersebut hanya menjelaskan sebuah artikel yang menuliskan tentang Ustadz Yusuf Mansur yang meminta doa karena ia sedang merasa demam menggigil hingga sulit menelan, serta menjelaskan tentang harta kekayaan Yaqut Cholil, Menteri Agama Republik Indonesia yang mengalami peningkatan drastis setelah dirinya menjabat sebagai menteri. Selain itu, dalam video tersebut pula memuat tentang ceramah Ustadz Abdul Somad dan tayangan press conference yang dilakukan oleh kepolisian tentang kasus perumahan fiktif yang sempat menyeret Ustadz Yusuf Mansur atas pihak yang dituduh sebagai pelaku dari penipuan yang terjadi pada tahun 2020 lalu.

Dari semua informasi yang disampaikan dalam video, tidak ada satupun informasi valid yang menjelaskan tentang keadaan Ustadz Yusuf Mansur yang sedang terbaring sakit. Bahkan pada tahun 2020 lalu, sempat beredar informasi palsu yang mengabarkan tentang Ustadz Yusuf Mansur telah meninggal dunia. Namun melansir dari jateng.tribunnews.com dan kominfo.go.id, informasi tersebut adalah informasi yang salah, sebab Ustadz Yusuf Mansur langsung mengklarifikasi kabar tersebut melalui akun Instagram pribadinya.

Selain itu, foto yang terdapat dalam thumbnail video juga merupakan foto yang diunggah oleh Ustadz Yusuf Mansur pada akun Twitter pribadinya yaitu @Yusuf_Mansur di tahun 2020 lalu ketika ia meminta doa atas keadaannya yang sedang terbaring sakit dirumah sakit.

Berdasarkan pada seluruh referensi, informasi terkait terbaringnya Ustadz Yusuf Mansur karena sakit di rumah sakit ialah informasi yang salah atau masuk ke dalam kategori koneksi yang salah.

Referensi:

https://www.google.com/amp/s/jateng.tribunnews.com/amp/2020/08/25/ustaz-yusuf-mansur-meninggal-dunia-ini-faktanya
https://www.kominfo.go.id/content/detail/28926/hoaks-ustadz-yusuf-mansur-meninggal-dunia/0/laporan_isu_hoaks
https://twitter.com/Yusuf_Mansur/status/1296948813974786048?s=20

Penulis: Novita Kusuma Wardhani
Editor: Bentang Febrylian

The post [SALAH] “DIBAYAR KONTAN!!! ADZAB PENJUAL AGAMA DEMI HARTA. YUSUF MANSUR SUDAH TERBARING???” appeared first on TurnBackHoax.ID.

No More Posts Available.

No more pages to load.