[SALAH] Donasi Kembalian Konsumen Minimarket Disumbangkan Ke Badan Sosial GKI

by -21 views

Bukan ke badan sosial GKI. Pihak Indomaret menjelaskan bahwa hasil donasi konsumen akan diberikan untuk komunitas adat terpencil, penderita kanker, penyandang disabilitas dan PMI. Sedangkan Alfamart, donasi disalurkan untuk aksi kemanusiaan di bidang pendidikan, kesehatan, bencana alam, lingkungan hidup, sampai pemberdayaan usaha kecil.

======

[KATEGORI]: KONTEN YANG MENYESATKAN

======

[SUMBER]: WHATSAPP

======

[NARASI]:

“Kemaren saya belanja di indomart, trus abis bayar, kasirnya tanya secara otomatis (sesuai prosedur standarnya), apa sisa kembalian uang receh mau disumbangkan ke badan sosial? Teman saya jawab YA, karena dia pikir cuman recehan….Tapi dia iseng becanda tanya, sumbang ke mana mbak, ke gereja yah ???

Dijawab IYA (!!!). Lho yang bener aja, ke badan sosial apa? GKI katanya.

KURANG AJAR, teman saya bilang saya ISLAM. Balikin recehan saya tadi. Coba kalian bayangin, berapa Milyar gereja per bulan dapat dari ribuan indomart (mungkin super/ mini market lain).

Saya yakin banyak yang tdk tahu hal ini karena tidak DETAIL nanya atau kasir tdk kasih tahu (bisa jd hanya bosnya yg tahu).

jadi kasih tahu yg lain biar hati2…!

======

[PENJELASAN]:

Beredar pesan berantai pada Whatsapp berisi pengalaman berbelanja di mini market dan mengklaim bahwa kembalian uang receh hasil donasi dari konsumen akan didonasikan untuk badan sosial GKI.

Berdasarkan penelusuran, melalui situs resmi indomaret.co.id di halaman donasi konsumen bahwasanya hasil donasi yang dikumpulkan diberikan untuk komunitas adat terpencil, penderita kanker, penyandang disabilitas serta Palang Merah Indonesia (PMI).

Sementara itu, PT Sumber Alfaria Trijaya Tbk (SAT), pengelola minimarket Alfamart Alfamidi mempublikasikan laporan penggunaan donasi konsumen secara berkala dan transparan sebagai tanggung jawab etika kepada publik.

Corporate Affairs Director Alfamart, Solihin mengatakan, dengan partisipasi yang lebih luas, akan lebih banyak masyarakat prasejahtera yang menerima manfaatnya.

“Partisipasi masyarakat dalam aksi kemanusiaan yang dijalankan Alfamart dapat disalurkan melalui Donasi-Ku Belanja dengan mendonasikan sebagian uang kembaliannya, masyarakat juga dapat berpartisipasi langsung melalui Donasi-Ku Bebas tanpa perlu berbelanja terlebih dahulu,” paparnya.

Pakar CSR, Kotler & Lee (2005) mengemukakan bahwa partisipasi konsumen termasuk dalam kategori Corporate Cause Promotions (CCP). Melalui CCP, perusahaan mengajak masyarakat luas untuk berpartisipasi dalam aksi kemanusiaan yang bertujuan membantu masyarakat luas di berbagai sektor mulai dari pendidikan, kesehatan, bencana alam, lingkungan hidup, sampai pemberdayaan usaha kecil.

======

REFERENSI:

https://indomaret.co.id/home/index/donasi-konsumen

https://alfamart.co.id/news-types/donation-news

https://www.merdeka.com/peristiwa/tahukah-anda-kemana-uang-receh-sumbangan-pelanggan-alfamart.html

https://news.detik.com/berita/d-3373804/potongan-untuk-donasi-ramai-di-medsos-ini-penjelasan-indomaret

No More Posts Available.

No more pages to load.