[SALAH] Eks Danjen Kopassus Sebut Buzzer Anies Makhluk Pemakan Bangkai, Tukang Fitnah dan Adu Domba

by -14 views

Judul yang salah. Faktanya, mantan Danjen Kopassus tidak ada menyebut nama Anies, hanya buzzer secara umum tanpa menyebut nama yang spesifik.

======

[KATEGORI]: KONTEKS YANG SALAH

======

[SUMBER]: http://bitly.ws/k5Tq

======

[NARASI]:

“Eks Danjen Kopassus Sebut Buzzer Anies Makhluk Pemakan Bangkai, Tukang Fitnah dan Adu Domba”

======

[PENJELASAN]:

Akun Facebook bernama Pen Jin mengunggah foto tangkapan layar sebuah artikel dari beritaislam[dot]org berjudul “Eks Danjen Kopassus Sebut Buzzer Anies Makhluk Pemakan Bangkai, Tukang Fitnah dan Adu Domba”, disertai foto Soenarko yang merupakan mantan Danjen Kopassus pada sampul artikel.

Setelah melakukan penelusuran pada portal beritaislam[dot]org, ditemukan artikel identik berjudul Eks Danjen Kopassus Sebut Buzzer Makhluk Pemakan Bangkai, Tukang Fitnah dan Adu Domba”, pada 22 Juni 2021. Pada judul dan isi artikel tidak terdapat komentar Eks Danjen Kopassus terkait buzzer Anies.

Dalam isi artikelnya, Mantan Danjen Kopassus, Mayjen (Purn) Soenarko mengomentari para buzzer sebagai makhluk pemakan bangkai lantaran gemar memfitnah dan adu domba sesama anak bangsa. Para buzzer dianggap sebagai pembuat gaduh di tengah masyarakat Indonesia tanpa ada tindakan yang nyata dan adil.

Dalam komentarnya, ia menuduh bahwa buzzer menyerang kelompok Islam dan melakukan adu domba antar umat beragama. Dia merasa saat ini sudah banyak korban fitnah dari gerakan buzzer di Indonesia.

Berdasarkan penelusuran di atas, judul artikel tersebut sudah diubah konteksnya seolah-olah mantan Danjen Kopassus Mayjen (Purn) Soenarko hanya mengomentari buzzer pihak Anies.

======

REFERENSI:

https://www.pikiran-rakyat.com/nasional/pr-012080670/mantan-danjen-kopassus-sebut-buzzer-mahluk-pemakan-bangkai-mustofa-dan-roy-suryo-bereaksi

https://makassar.terkini.id/sebut-buzzer-bak-pemakan-bangkai-eks-danjen-kopassus-tak-jelas-agamanya/

The post [SALAH] Eks Danjen Kopassus Sebut Buzzer Anies Makhluk Pemakan Bangkai, Tukang Fitnah dan Adu Domba appeared first on TurnBackHoax.ID.

No More Posts Available.

No more pages to load.