[SALAH] FDA Amerika Sebut Invermectin Dapat Digunakan Untuk Sembuhkan Covid-19

by -34 views

Hasil Periksa Fakta Gabriela Nauli Sinaga (Universitas Sumatera Utara)

Faktanya hal tersebut keliru. Badan Pengawas Makanan dan Obat-Obatan Amerika (Food and Drug Administration/FDA) belum mengonfirmasi secara jelas tentang Invermectin sebagai obat pembunuh Covid-19.

Selengkapnya ada di penjelasan.

=====
[KATEOGORI]: MISLEADING CONTENT/KONTEN MENYESATKAN

=====

[SUMBER]: WHATSAPP
archive.vn/VlpNg

=====
[NARASI]:

“…FDA (BPOM AMERIKA) telah menyetujui penggunaan imvermectin untuk manusia sejak tahun 1981 dan WHO telah memasukkan invermectin kedalam daftar obat yang penting pada tahun yang sama.

FDA mengakui bahwa invermectin dapat membunuh virus Covid-19 dalam tabung percobaan…”

=====
[PENJELASAN]:

Beredar sebuah gambar dengan narasi melalui media sosial Whatsapp yang menjelaskan bahwa obat Invermectin diklaim dapat menyembuhkan penyakit akibat virus Covid-19. Narasi tersebut juga menyebutkan bahwa Invermectin adalah obat yang sudah terbukti aman dan telah dikonfirmasi oleh badan pengawas obat-obatan di Amerika (FDA AMERIKA) sebagai obat yang dapat membunuh virus Covid-19.

Namun setelah melakukan penelusuran, informasi mengenai sahnya Invermectin sebagai obat Covid-19 ternyata keliru. Pernyataan oleh badan pengawas obat-obatan Amerika Serikat (Food and Drug Administration/FDA) tentang obat ini mampu membunuh virus Covid-19 juga belum dikonfirmasi. Hoaks ini pun pernah tersebar pada tahun 2020.

Melansir dari media CNBC Indonesia, Amerika Serikat (AS) menyatakan bahwa obat Ivermectin belum layak digunakan oleh masyarakat untuk mengobati Covid-19. Bahkan Badan Obat dan Makanan AS (FDA) menghimbau agar publik tidak menggunakan obat yang biasanya digunakan untuk mencegah parasit pada hewan itu.

“Ivermectin sering digunakan di AS untuk mengobati atau mencegah parasit pada hewan. FDA telah menerima banyak laporan tentang pasien yang membutuhkan dukungan medis dan dirawat di rumah sakit setelah pengobatan sendiri dengan Ivermectin yang ditujukan untuk kuda. Inilah yang perlu Anda ketahui tentang Ivermectin,” ungkap FDA melalui artikel pada laman resmi www.fda.gov.

Dokter Spesialis Paru, Erlang Soemadro menegaskan bahwa obat Invermectin belum terbukti dapat menyembuhkan Covid-19. Dari Organisasi Kesehatan Dunia (WHO) pun meyatakan bahwa obat Invermectin hanya digunakan untuk keperluan uji klinis, bukan untuk pasien Covid-19 baik dalam tingkat keparahan apapun.

Invermectin adalah obat keras yang biasa digunakan untuk menangani penyakit yang disebabkan parasit. Karena dapat menimbulkan efek samping yang beragam, masyarakat diminta berhati-hati dan tidak dianjurkan untuk mengonsumsi obat ini tanpa adanya resep dokter.

Jadi dapat disimpulkan bahwa narasi yang menyebutkan bahwa Invermectin dapat digunakan untuk mengobati Covid-19 dan telah disetujui oleh FDA dan WHO adalah informasi hoaks kategori misleading content/ konten menyesatkan.

======
[REFERENSI]:

https://www.cnbcindonesia.com/news/20210622104446-4-254983/fda-as-belum-izinkan ivermectin-untuk-obati-pasien-corona

https://www.fda.gov/animal-veterinary/product-safety-information/faq-covid-19-and-ivermectin-intended-animals

https://www.cnnindonesia.com/gaya-hidup/20210612155111-255-653529/dokter-obat-ivermectin-belum-terbukti-efektif-obati-covid-19

https://tekno.tempo.co/read/1475998/kata-who-soal-ivermectin-dan-obat-covid-19-simak-daftar-rekomendasi-terkini

=====
Editor: Bentang Febrylian

The post [SALAH] FDA Amerika Sebut Invermectin Dapat Digunakan Untuk Sembuhkan Covid-19 appeared first on TurnBackHoax.ID.

No More Posts Available.

No more pages to load.