[SALAH] Foto Anak Irak Tidur di Atas Gambar Sosok Ibunya

by -18 views

Foto bukan sosok anak Irak yang tidur di atas gambar sosok ibunya. Foto tersebut merupakan karya milik Bahareh Bisheh yang mengambil gambar sepupunya ketika tertidur di trotoar yang tidak memiliki kisah tragis di belakangnya.

=====

Kategori: Konteks yang Salah

=====

Sumber: Whatsapp

https://bit.ly/32qrvgf

=====

Narasi:

“SELEMBAR FOTO  YG MENGHARUKAN DUNIA:*

Di Irak, seorang anak kecil yang tidak punya ibu, melukis gambar mama ditanah, lalu dengan hati2 dia melepaskan sepatunya, tidur didada ibu….

Tidak tahu lagi harus dengan kata kata apa utk menjelaskan suasana yg miris ini…..

Masikah kita punya hak & alasan mengeluh kalau kita kurang bahagia? 

Hargai dan sayangilah sekarang semua yang kita miliki

Sesungguhya untuk menjadi bahagia itu sangat sederhana!

Tataplah foto ini dengan segenap hati, mungkin kita akan terharu & menangis……

HARGAILAH DAN SAYANGILAH SEMUA ORANG YANG HADIR DALAM HIDUPMU”

=====

Penjelasan:

Beredar pesan berantai Whatsapp berupa foto dengan narasi yang menyebutkan bahwa bocah dalam foto merupakan anak asal Irak piatu (tidak memiliki ibu). Dikatakan dalam narasi bahwa bocah tersebut melukis gambar ibunya di tanah dan tertidur di atas dada gambar ibunya tersebut.

Berdasarkan hasil penelusuran, klaim tersebut tidak benar. Dilansir dari tempo.co, foto tersebut merupakan karya fotografer sekaligus seniman Iran bernama Bahareh Bisheh. Bocah perempuan dalam foto tersebut merupakan salah satu saudara sepupu Bisheh. Foto itu diambil ketika saudara sepupu Bisheh itu tertidur di trotoar di luar rumah mereka.

Bisheh memastikan bahwa gadis kecil dalam foto itu adalah sepupunya. Bocah ini, menurut dia, benar-benar tertidur di aspal tepat di luar rumah Bisheh. “Dia pasti bermain selama beberapa waktu dan hanya berbaring untuk beristirahat, tapi kemudian tertidur. Saya menggunakan kursi untuk mengambil foto ini sembari berdiri,” katanya.

Bisheh juga menyatakan bahwa foto tersebut tidak ada hubungannya dengan panti asuhan. “Tidak ada panti asuhan yang terkait dan tidak ada kisah tragis di balik ini. Saya mengambil kesempatan ini untuk menjadi kreatif. Ini adalah gaya fotografi,” ujar Bisheh.

Adapun, foto dan klaim keliru atas foto tersebut juga sudah pernah diperiksa faktanya di turnbackhoax.id pada 20 April 2021 dengan judul artikel “[SALAH] Foto Anak Piatu Iraq Melukis Sosok Ibunya di Lantai dan Tidur di Posisi Dada Ibunya” dan 7 Desember 2020 dengan judul artikel “[SALAH] Foto Gadis Kecil yang Kehilangan Keluarganya Akibat Perang di Irak Tertidur di atas Lukisan Sosok Ibunya yang Telah Meninggal.”

Berdasarkan penjelasan itu, maka konten pesan berantai Whatsapp itu masuk ke dalam kategori Konteks yang Salah.

=====

Referensi:

https://cekfakta.tempo.co/fakta/1128/keliru-foto-bocah-yang-tidur-di-atas-lukisan-ibu-yang-disebut-korban-perang-irak

The post [SALAH] Foto Anak Irak Tidur di Atas Gambar Sosok Ibunya appeared first on TurnBackHoax.ID.

No More Posts Available.

No more pages to load.