[SALAH] Foto Anak Piatu Iraq Melukis Sosok Ibunya di Lantai dan Tidur di Posisi Dada Ibunya

by -16 views

Hasil Periksa Fakta Nadine Salsabila Naura Marhaeni (Universitas Diponegoro)

Narasi serupa juga pernah muncul pada Desember 2020 lalu, yang mengatakan bahwa anak perempuan yang ada di dalam foto merupakan anak piatu korban perang Irak. Melansir dari laman Tempo, foto tersebut merupakan karya milik Bahareh Bisheh yang mengambil gambar sepupunya ketika tertidur di trotoar yang tidak memiliki kisah tragis di belakangnya.

= = = =

KATEGORI: False content/konten yang salah

= = = =

SUMBER:
Facebook
https://archive.ph/BMGmd

= = = =

NARASI:

“Anak piatu Iraq ini melukis sosok ibunya di lantai dan kemudian tidur di posisi dada ibunya
Saat Ramadhan seperti ini saya rindu Umi. Dan rindu disuapi Umi saat makan Sahur atau Buka Puasa…
Laha Al Fatihah…Amin
Hai Kaum Muslimin yg masih punya Ibu sempurnakan sikap pd beliau”

= = = =

PENJELASAN:

Telah beredar sebuah narasi dalam Facebook oleh akun Kulvityh yang memuat sebuah foto seorang anak perempuan yang tertidur di atas gambar yang diklaim merupakan sosok ibunya yang sudah meninggal. Dalam unggahan tersebut juga mengatakan bahwa anak tersebutlah yang menggambar sosok yang diklaim merupakan ibunya. Narasi serupa juga pernah diunggah pada Desember 2020 lalu, yang mengatakan bahwa foto tersebut merupakan anak korban perang Irak yang kehilangan keluarganya.

Setelah melakukan penelusuran, narasi tersebut tidak benar. Melansir dari laman Tempo, gambar tersebut merupakan karya milik Bahareh Bisheh yang diunggah melalui Flickr pada 2012. Melalui unggahannya pada Flickr, Bisheh mengatakan bahwa anak yang berada dalam foto tersebut merupakan sepupunya yang tertidur di trotoar halaman rumahnya. Bisheh juga menjelaskan tidak ada kisah tragis di balik pengambilan foto tersebut. Ia hanya menggunakan foto tersebut untuk dijadikan sebuah karya. Hasil periksa fakta terhadap foto yang sama juga pernah diunggah melalui laman turnbackhoax.id dengan judul [SALAH] Foto Gadis Kecil yang Kehilangan Keluarganya Akibat Perang di Irak Tertidur di atas Lukisan Sosok Ibunya yang Telah Meninggal.

Dengan demikian, narasi yang diunggah oleh akun Facebook Kulvityh tidak sesuai fakta dan masuk ke dalam kategori false content atau konten yang salah.

= = = =

REFERENSI:

  1. https://cekfakta.tempo.co/fakta/1128/keliru-foto-bocah-yang-tidur-di-atas-lukisan-ibu-yang-disebut-korban-perang-irak
  2. https://turnbackhoax.id/2020/12/07/salah-foto-gadis-kecil-yang-kehilangan-keluarganya-akibat-perang-di-irak-tertidur-di-atas-lukisan-sosok-ibunya-yang-telah-meninggal/
  3. https://www.merdeka.com/cek-fakta/cek-fakta-disinformasi-foto-anak-tidur-di-atas-lukisan-ibu-korban-perang-irak.html

Penulis: Nadine Salsabila Naura Marhaeni
Editor: Bentang Febrylian

The post [SALAH] Foto Anak Piatu Iraq Melukis Sosok Ibunya di Lantai dan Tidur di Posisi Dada Ibunya appeared first on TurnBackHoax.