[SALAH] Foto Anies Baswedan bersama Donatur Terbesar yang merupakan Tokoh ISIS

by -20 views

Hasil Periksa Fakta Natalia Kristian (Anggota Komisariat MAFINDO Universitas Indonesia).

Informasi yang salah. Syekh Yusuf Al-Qaradhawi adalah aktivis Ikhwanul Muslimin dari Mesir bukan tokoh ISIS dan tidak ada bukti bahwa ia menjadi donatur FPI.

= = = = =

KATEGORI: Konten yang Menyesatkan/Misleading Content

= = = = =

SUMBER: Facebook
https://archive.vn/t6cwM

= = = = =

NARASI:

“JEJAK DIGITAL MEMANG KEJAM..
Donatur Terbesar FPI adlh Tokoh ISIS yg berfoto Bersama Hidayat Nur Wahid (PKS) Dan Anis Baswedan yg pernah Mendatangi Kediaman Syech Yusuf
Al Qaradhawi Di Doha Qatar.
Tempat Pengasingannya Akibat Terusir Dari Mesir Karena Pemberontakan Atas Nama Ihwaknul Muslimin(IM)
Untuk Mendirikan Khilafahnisme
Ikhwanul Muslimin(IM) Adalah organisasi Terlarang Di Dunia , Di Indonesia PKS Dan MASYUMi (yg sdh Terlarang) Mengakui Berkiblat Ke IM.MASYUMI Terlarang Karena Ada Di Balik Pemberontakan PRRI/PERMESTA
Itulah Sebabnya Muncul Desakan Agar ada juga Pembubaran kpd PKS
IM Adalah Orang Tua Kandung Dari HTI Yang Berdiri 1953 Karena Pendirinya Adalah Pengikut Setia IM Yang Berdiri Tahun 1928.
Dan Sangat Aneh Kantor Pusat IM dan HTI Ada Di Inggris London…., dan di London juga para pemberontak Papua bertempat tinggal.”

= = = = =

PENJELASAN:

Beredar di media sosial yang diunggah oleh akun Facebook Ida Rosa berupa sebuah foto penjabat dari PKS Hidayat Nur Wahid dan Anies Baswedan berfoto bersama Syekh Yusuf Al-Qaradhawi yang diklaim adalah tokoh ISIS dan donatur terbesar FPI. Postingan tersebut disukai sebanyak 5 kali dan dikomentari 3 kali.

Setelah melakukan penelurusan, ternyata hoax ini sudah beredar sejak tahun 2017 dan terus muncul kembali dari tahun ke tahun. Menurut artikel dari kumparan.com, dijelaskan bahwa Syekh Yusuf Al-Qaradhawi tidak ada bukti yang kuat yang menyatakan bahwa ia berafiliasi dengan ISIS maupun menjadi donator FPI. Yusuf Al-Qaradhawi sendiri adalah seorang aktivits Ikhwanul Muslimin dan ahli ijtihad di Mesir. Ia pernah mengunjungi Indonesia pada bulan Januari 2007 dan bulan Januari 2009 serta bertemu dengan beberapa tokoh seperti Presiden Susilo Bambang Yudhoyono, Hidayat Nur Wahid, dan Aksa Mahmud selaku pimpinan MPR.

Melihat dari penjelasan tersebut, foto Anies Baswedan dan Hidayat Nur Wahid berfoto bersama seorang tokoh ISIS yang merupakan donatur FPI adalah tidak benar sehingga termasuk dalam kategori Konten yang Menyesatkan/Misleading Content.

= = = = =

REFERENSI:

https://turnbackhoax.id/2017/02/19/disinformasi-foto-bareng-anies-baswedan-dengan-ulama-petinggi-isis-yusuf-al-qaradhawi/

https://turnbackhoax.id/2019/12/10/salah-ini-bukti-anis-bas-edan-anggota-isis-bersama-syekh-yusuf-al-qaradhawi-pimpinan-isis/

https://turnbackhoax.id/2020/07/20/salah-foto-anies-baswedan-berfoto-bersama-tokoh-isis-syekh-yusuf-al-qaradhawi/

https://cekfakta.tempo.co/fakta/513/fakta-atau-hoaks-benarkah-anies-baswedan-pernah-berfoto-dengan-pimpinan-isis

https://kumparan.com/kumparannews/siapa-yusuf-al-qaradawi-yang-disebut-saudi-pendukung-teroris/full

https://www.liputan6.com/news/read/135553/syekh-yusuf-qardhawi-bertemu-sby

https://tekno.kompas.com/read/2009/01/05/18541266/~Nasional

Penulis: Natalia Kristian
Editor: Bentang Febrylian

The post [SALAH] Foto Anies Baswedan bersama Donatur Terbesar yang merupakan Tokoh ISIS appeared first on TurnBackHoax.