[SALAH] Foto “Masjid meledak saat salat Jumat, sebanyak 67 jamaah meninggal dunia”

by -20 views

Masjid di foto itu masjid Muslimin di Payakumbuh, Sumatera Barat yang terbakar pada Rabu, 10 Agustus 2016 dan tidak ada korban jiwa dalam peristiwa ini.

Selengkapnya di bagian PENJELASAN dan REFERENSI
===========================================
Kategori: Konteks yang Salah
===========================================

Beredar artikel berjudul “Innalillahi kabar duka kebakaran, artis meninggal banyak yang membaca ,dan shere sedangkan Masjid Meledak Saat Waktu Sholat Jumat, Sebanyak 67 Jamaah Meninggal Dunia, Semoga Husnol Khotimah Aminn” pada Januari 2022. Di artikel ini terdapat foto yang bagian atasnya terbakar.

Sumber: https://bit.ly/3q5BtwE (Arsip)
===========================================

PENJELASAN

Berdasarkan hasil penelusuran, adanya foto masjid yang bagian atasnya terbakar dengan klaim bahwa masjid tersebut meledak saat salat Jumat dan sebanyak 67 jamaahnya meninggal dunia merupakan klaim yang salah.

Faktanya, masjid di foto itu masjid Muslimin di Payakumbuh, Sumatera Barat yang terbakar pada Rabu, 10 Agustus 2016 dan tidak ada korban jiwa dalam peristiwa ini.

Foto yang sama, dimuat di artikel berita berjudul “Sebuah Masjid di Payakumbuh Terbakar Hebat” yang terbit di situs news.okezone.com pada 10 Agustus 2016.

Sementara itu, dilansir dari situs kbknews.id lantai dua Masjid Muslimin di Kelurahan Ikua Koto di Balai, Kecamatan Payakumbuh Utara, Kota Payakumbuh, Sumatera Barat terbakar, Rabu 10 Agustus 2016 sekira pukul 10.30 WIB. Menurut seorang saksi, api pertama kali dilihat pada kubah masjid. Kemudian, api mulai membesar. Dia berteriak dan meminta pertolongan kepada masyarakat sekitar.

Kapolsekta Payakumbuh, Kompol Russirwan mengatakan, api diduga berasal dari arus pendek listrik. Akibatnya, bagian di lantai dua mesjid tersebut terbakar. Namun, untung saja api tidak sampai ke lantai satu masjid.

“Api berhasil dijinakkan setelah 6 unit damkar dari Limapuluh Kota dan Kota Payakumbuh datang kelokasi. Tidak ada korban jiwa dalam kejadian ini tetapi kerugian materi ditaksir mencapai Rp 1 Miliar,” sebut Russirwan.

Sementara itu, terkait isi artikel di sumber klaim tersebut, dilansir dari artikel periksa fakta berjudul “[SALAH] Foto “Masjid Meledak Saat Waktu Sholat Jumat, Sebanyak 50 Jamaah Meninggal Dunia” yang terbit di situs turnbackhoax id pada 19 Juli 2021, sedikitnya 50 orang mengalami luka bakar akibat ledakan AC saat salat di sebuah masjid di Narayanganj, September 2020. Ledakan itu terjadi sekitar jam 9 malam pada hari Jumat di sebuah masjid di lingkungan Fatullah Sadar upazila. Menurut polisi setempat, ledakan terjadi saat salat Isya akan berakhir.

Beberapa korban telah dibawa ke Institut Nasional Pembakaran dan Bedah Plastik Sheikh Hasina di Dhaka. Koordinator institut, Dr Samanta Lal Sen mengatakan kepada Dhaka Tribune bahwa 38 korban telah dirawat.

Selain itu, dilansir dari Kantor Berita Turki, Anadolu Agency, sedikitnya 20 orang tewas dan 17 lainnya berada dalam kondisi kritis setelah dugaan ledakan AC saat salat Jumat malam di sebuah masjid dekat ibukota Bangladesh.

REFERENSI
https://news.okezone.com/read/2016/08/10/340/1459786/sebuah-masjid-di-payakumbuh-terbakar-hebat
https://www.kbknews.id/2016/08/11/lantai-2-masjid-muslimin-payakumbuh-terbakar/
https://bertuahpos.com/berita-pilihan/api-amuk-masjid-muslimin-payakumbuh.html
https://turnbackhoax.id/2021/07/19/salah-foto-masjid-meledak-saat-waktu-sholat-jumat-sebanyak-50-jamaah-meninggal-dunia/

No More Posts Available.

No more pages to load.