[SALAH] Foto Muslim Burma di Myanmar Dikelilingi Aparat Berseragam Militer

by -16 views

Hasil Periksa Fakta Ani Nur MR (Universitas Airlangga).

Bukan Muslim Burma di Myanmar. Foto tersebut sebenarnya adalah para demonstran di Thailand Selatan yang ditangkap oleh kepolisian setempat karena membuat kerusuhan, kejadian tersebut berlangsung di tahun 2004.

Selengkapnya baca di PENJELASAN dan REFERENSI

=====
KATEGORI: Konten yang Menyesatkan

=====

SUMBER: Facebook
https://archive.vn/MPsGD

======

NARASI:
“Ya Allah, bantulah Muslim Burma [Myanmar]. Ucapkan Amin dan bagikan postingan ini. Semoga Allah membalas mu”.

*tulisan dalam gambar
“Hanya satu menit untuk Muslim Burma. Ya Allah, bantulah Muslim Burma. Tulis Amin dan bagikan ”.

=====
PENJELASAN:

Beredar postingan di Facebook oleh akun bernama Rashad Mehmood dengan Bahasa Urdu dan memperlihatkan sekelompok laki-laki sedang ditahan oleh aparat berseragam militer. Rashad kemudian mengklaim bahwa orang-orang yang ditahan tersebut adalah Muslim Burma, di Myamar. Narasi yang disertakan berbunyi “Ya Allah, bantulah Muslim Burma [Myanmar]. Ucapkan Amin dan bagikan postingan ini. Semoga Allah membalas mu”.

Diketahui bahwa postingan tersebut beredar setelah peristiwa tindakan keras Militer pada tahun 2017 kepada etnis Rohingnya di Myanmar yang membuat 750.000 penduduk melarikan diri ke Bangladesh. Postingan serupa beredar kembali di Facebook menyusul adanya peristiwa kudeta di Myanmar oleh Militer pada Februari 2021.

Setelah dilakukan penelusuran fakta, diketahui bahwa foto tersebut bukan Muslim Burma, namun para demonstran di Thailand yang sempat bentrok dengan aparat kepolisian setempat dan kemudian ditangkap. Melansir dari AFP yang pernah mengunggah berita ini, foto para demonstran di Thailand Selatan tersebut telah beredar sejak tahun 2004. Adapun keterangan foto yang dilampirkan berbunyi:

“THAILAND OUT Beberapa dari 300 demonstran yang ditangkap oleh polisi dan tentara berbaring di trotoar di kantor polisi Tak Bai di Narathiwat, Thailand, 25 Oktober 2004. Lusinan orang terluka dalam bentrokan antara pasukan keamanan Thailand dan ratusan pengunjuk rasa yang mencoba menyerbu sebuah kantor polisi di selatan Thailand yang mayoritas penduduknya bermasalah”, kata para pejabat pada hari Senin.
FOTO AFP
STR / AFP

Berdasarkan data yang terkumpul dapat disimpulkan bahwa, klaim Rashad Mehmood bahwa foto dalam postingannya adalah Muslim Burma di Thailand adalah HOAX dan termasuk kategori Konten yang Menyesatkan.

======

REFERENSI:
https://factcheck.afp.com/afp-photo-detained-thai-protesters-2004-recirculates-misleading-posts-about-myanmar-muslims

https://www.gettyimages.com/detail/news-photo/some-of-the-300-demonstrators-arrested-by-policemen-and-news-photo/93113024

Penulis: Ani Nur MR
Editor: Bentang Febrylian

The post [SALAH] Foto Muslim Burma di Myanmar Dikelilingi Aparat Berseragam Militer appeared first on TurnBackHoax.