[SALAH] Foto Penampakan Tebing Berbentuk Gajah yang Membeku

by -19 views

Hasil Periksa Fakta Ani Nur MR (Universitas Airlangga).

Foto hasil editan. Gambar aslinya adalah sebuah tebing tanpa bentuk gajah.

Selengkapnya baca di PENJELASAN dan REFERENSI.

====

KATEGORI: Konten yang Dimanipulasi

====

SUMBER: Facebook
https://archive.ph/2C0fv

====

NARASI:
“Amazing Elephant Mountain”

(terjemahan)
Gunung gajah yang luar biasa

====

PENJELASAN:
Beredar postingan gambar di Facebook oleh akun bernama Tunzale Zakirqizi. Dalam postingannya terlihat sebuah tebing yang diselimuti salju dan tebing tersebut berbentuk seekor gajah. Sebanyak 53 akun Facebook mengomentari postingan dari Tunzale, diketahui beberapa komentar dari netizen mempercayai pemandangan tersebut adalah asli, yakni seekor gajah yang sedang membeku, ada pula yang beranggapan bahwa tebing berbentuk gajah tersebut adalah asli dari alam.

Setelah dilakukan penelusuran terkait, foto sebuah tebing berbentuk gajah yang diposting Tunzale adalah hasil editan. Hasil pencarian gambar menggunakan TinEye menemukan, gambar asli tebing serta pemandangan di sekitarnya adalah foto yang terpisah, masing-masing dapat ditemukan di website shutterstock.com dan pixabay.com.

Tim pemeriksa fakta dari indiatoday.in, menemukan akun seniman yang telah mengedit gambar tebing menjadi berbentuk seekor gajah. Akun Facebook dari seniman tersebut bernama @mirekis7. Jika dilihat dari biodata di laman Facebooknya, @mirekis7 adalah seorang seniman surealisme dan fotografer artistik.

Karya fotografi yang diupload ke laman Facebooknya menampilkan pemandangan seperti berada dalam sebuah dunia fantasi, meski begitu foto-foto tersebut sudah diedit. @mirekis7 mengungkapkan secara langsung, saat seorang dari penikmat karyanya menanyakan letak tebing berbentuk gajar agar ia bisa mengunjunginya secara langsung. Mirekis menyatakan gambar tersebut sudah diedit, @mirekis7 menggabungkan beberapa foto kemudian diedit menggunakan software editing.

@mirekis7 mengupload karya tebing berbentuk gajah yang sama persis seperti postingan Tunzale Zakirqizi, pada tahun 2018. Postingannya itu disertai narasi berbahasa Polandia.
Berdasarkan data yang terkumpul dapat disimpulkan bahwa postingan dari Tunzale Zakirqizi adalah hoaks dan termasuk kategori Konten yang Dimanipulasi.

====
REFERENSI:

https://www.indiatoday.in/fact-check/story/fact-check-elephant-mountain-takes-netizens-for-a-ride-artwork-shared-as-nature-s-beauty-1809081-2021-05-31

https://www.shutterstock.com/image-photo/rock-gloomy-winter-landscape-background-1766105489
https://pixabay.com/photos/verucchio-snow-landscape-hill-1232219/

https://www.facebook.com/1557158114496686/photos/a.1557161064496391/2005348389677654/?type=3

====
Penulis: Ani Nur MR
Editor: Bentang Febrylian

The post [SALAH] Foto Penampakan Tebing Berbentuk Gajah yang Membeku appeared first on TurnBackHoax.ID.