[SALAH] Foto Penemuan Kerangka Raksasa di dalam Gua tahun 2017

by -23 views

Hasil Periksa Fakta Renanda Dwina Putri (Anggota Komisariat MAFINDO Universitas Pendidikan Indonesia)

Faktanya, kerangka tersebut hanyalah replika terbuat dari plastik yang merupakan hasil karya seniman Taiwan bernama Tu Wei-cheng dan ditampilkan dalam eksibisi Thailand Biennale di Krabi, Thailand tahun 2018.

Selengkapnya di bagian penjelasan.

====

Kategori: Konten yang Salah

====

Sumber: Twitter
https://archive.vn/NTU3N

====

Narasi:

“The skeleton of this giant was discovered in November 2017 in a cave in Krabi, Thailand. This was just made public a few months ago. The skeleton appeared to have been battling a large horned serpent upon death.

“Tengkorak raksasa ini ditemukan pada November 2017 di sebuah gua di Krabi, Thailand. Ini baru diumumkan beberapa bulan lalu. Tengkorak itu tampaknya telah melawan seekor ular bertanduk besar saat mati.”

====

Penjelasan:

Akun Twitter Curiosity (@SciencePorn1) mengunggah foto kerangka raksasa disertai dengan narasi yang menjelaskan bahwa tengkorak tersebut ditemukan pada November 2017 di sebuah gua di Krabi, Thailand. Unggahan tersebut telah mendapat atensi sebanyak 40 retweet, 159 suka, dan 14 balasan.

Berdasarkan hasil penelusuran, kerangka raksasa adalah hasil karya seniman Taiwan bernama Tu Wei-cheng yang terbuat dari plastik. Mengutip dari Taiwan Today, menurut Kementerian Kebudayaan Taiwan, karya dengan judul “Giant Ruins” itu menampilkan kerangka raksasa, ular, dan perahu berekor panjang. Selain itu, mengutip dari NSPP, karya milik Tu Wei-cheng itu ditampilkan dalam eksibisi Thailand Biennale di Goa Khao Khanab Nam, Krabi, Thailand sejak 2 November 2018 sampai dengan 28 Februari 2019.

Dari berbagai fakta di atas, unggahan akun Twitter Curiosity (@SciencePorn1) dapat dikategorikan sebagai Konten yang Salah.

====

Referensi:

https://taiwantoday.tw/news.php?unit=2%2C6%2C10%2C15%2C18&post=144849

https://nspp.mofa.gov.tw/nsppe/news.php?post=144880&unit=400

Editor: Bentang Febrylian

The post [SALAH] Foto Penemuan Kerangka Raksasa di dalam Gua tahun 2017 appeared first on TurnBackHoax.ID.

No More Posts Available.

No more pages to load.