[SALAH] Foto Seorang Akademisi Asal Indonesia Berusia 105 Tahun, Moerhadi, Berbagi Rahasia Kemenanganya atasi Diabetes

by -13 views

Hasil Periksa Fakta Fathia IS.

Foto EDITAN. Berdasarkan penelusuran menggunakan Yandex foto tersebut menggunakan baju dan latar yang sama dengan foto seorang ilmuwan Rusia, Viktor Kudryavtsev, yang dimuat dalam artikel “Tahanan tertua “Lefortovo”. Kelanjutan kasus Viktor Kudryavtsev” pada tahun 2019. Foto milik Viktor diedit dengan wajah orang lain dan diklaim sebagai Moerhadi.

Selengkapnya di bagian penjelasan dan referensi.

= = =
Kategori: Konten yang Dimanipulasi

= = =
Sumber: Artikel News

https://archive.ph/Ak8OP

= = =
Narasi:
“DIABETES BISA DISEMBUHKAN DAN MENJALANI HIDUP SEHAT! SEORANG AKADEMISI BERUSIA 105 TAHUN DARI INDONESIA BERBAGI RAHASIA KEMENGANNYA ATAS DIABETES”

“Ahli endokrinologi Indonesia yang terkenal, penemu, profesor, akademisi, pemenang Hadiah Nobel, serta banyak penghargaan medis lainnya Moerhadi meninggalkan pekerjaan resminya pada usia 90 tahun, tetapi ia tidak menjadi lansia baik jiwa maupun fisik. Selama lebih dari 7 tahun, saat berlibur, Profesor Moerhadi telah memerangi diabetes. Sekarang profesor itu berusia 105 tahun, dan gula miliknya tidak pernah melampaui batas normal selama 3 tahun. Apalagi, sang profesor mengaku berusia 60 tahun.”

= = =
Penjelasan:
Beredar sebuah artikel yang menyematkan foto seorang laki-laki tua. Artikel tersebut mengklaim bahwa foto laki-laki tersebut merupakan Moerhadi, seorang ahli endokrinologi Indonesia, berusia 105 Tahun, yang telah berhasil melawan diabetes.

Setelah ditelusuri, informasi tersebut salah. Faktanya, foto tersebut telah diedit, berdasarkan penelusuran menggunakan Yandex foto tersebut menggunakan baju dan latar yang sama dengan foto seorang ilmuwan Rusia, Viktor Kudryavtsev, yang dimuat dalam artikel “Tahanan tertua “Lefortovo”. Kelanjutan kasus Viktor Kudryavtsev” pada tahun 2019. Foto milik Viktor diedit dengan wajah orang lain dan diklaim sebagai Moerhadi.

Selain itu, kami mencoba menelusuri kebeneran informasi tersebut melalui mesin pencarian google dengan keyword “Ahli Endokrinologi Indonesia, Moerhadi, Berhasil Lawan Diabetes” kemudian muncul satu artikel dari SCRIBD yang menampilkan pembahasan serupa namun tidak menampakan foto yang sama dengan artikel News, tidak disebutkan juga dalam artikel tersebut bahwa kini Moerhadi berusia 105 Tahun.

Dengan demikian, foto seorang akademisi asal Indonesia berusia 105 tahun berhasil melawan diabetes adalah foto yang keliru dan termasuk ke dalam kategori konten yang dimanipulasi.

= = =
Referensi:

  1. https://www.svoboda.org/a/30214108.html
  2. https://www.scribd.com/document/548824865/Ahli-endokrinologi-2

= = =
Editor: Bentang Febrylian

The post [SALAH] Foto Seorang Akademisi Asal Indonesia Berusia 105 Tahun, Moerhadi, Berbagi Rahasia Kemenanganya atasi Diabetes appeared first on TurnBackHoax.ID.

No More Posts Available.

No more pages to load.