[SALAH] Foto Seorang Anak Memberikan Masker Gratis Kepada Warga Tidak Mampu

by -30 views

Hasil Periksa Fakta Ani Nur MR (Universitas Airlangga).

Salah konteks gambar. Faktanya, bocah laki-laki tersebut sedang menjual masker saat semua pusat perbelanjaan di wilayah Pakistan tutup karena lockdown pandemi COVID-19.

Selengkapnya baca di PENJELASAN dan REFERENSI.

====

KATEGORI: Konten yang Salah/FALSE CONTEXT

====

SUMBER: Facebook
https://archive.ph/O8cn1

====
NARASI:
*diterjemahkan dari Bahasa Hindi

“seorang anak berkata, jika anda tidak punya uang, akan diberi masker gratis, ibunya mengatakan orang-orang sedang butuh bantuan”.

====

PENJELASAN:

Beredar postingan di Facebook oleh akun kanal berita dari India, Abhi Abhi Breaking, yang membagikan sebuah gambar bocah laki-laki terlihat memakai pakaian lusuh, dengan memanggul sebuah tongkat untuk mengaitkan banyak masker kain. Gambar terdapat keterangan dengan Bahasa Hindi yang jika diartikan menyatakan bahwa, anak tersebut membagikan masker kain secara gratis kepada warga miskin karena ibunya menyuruhnya membantu orang yang membutuhkan. Postingan bertajuk iba tersebut disukai sebanyak 1,5 ribu akun dan dibagikan 42 kali.

Setelah dilakukan pencarian fakta terkait, diketahui bahwa bocah laki-laki pada gambar tidak membagikan masker gratis, justru ia sedang menjual masker di tengah situasi lockdown Pakistan karena pandemi COVID-19, yang mengakibatkan pusat penjualan ditutup.

Dilansir dari indiatoday.in, foto asli ditemukan di kanal berita reuters.com. Foto seorang bocah laki yang menjajakan masker terlihat bersama seorang anak laki-laki yang diketahui adalah kakak laki-lakinya. Dalam gambar tersebut diberi keterangan:

“Uzbillah yang berusia tujuh tahun berdiri membawa masker wajah dengan tongkat dan menjualnya bersama saudara laki-lakinya di sudut jalan selama lockdown, setelah Pakistan menutup semua pasar, tempat umum, dan membatasi kerumunan di tengah wabah penyakit virus Corona (COVID-19), di Karachi, Pakistan”. Foto asli dipotret oleh seorang bernama Akhtar Soomro dari Reuters.

Berdasarkan data yang terkumpul dapat disimpulkan bahwa, klaim bocah laki-laki pembawa masker wajah untuk dibagikan gratis adalah HOAX dan termasuk kategori Konten yang Salah/FALSE CONTEXT.

====

REFERENSI:
https://www.indiatoday.in/fact-check/story/fact-check-truth-behind-the-emotional-story-of-this-boy-selling-masks-1791610-2021-04-16

https://www.reuters.com/article/instant-article/idUKKBN21I0Z0

====
Penulis: Ani Nur MR
Editor: Bentang Febrylian

The post [SALAH] Foto Seorang Anak Memberikan Masker Gratis Kepada Warga Tidak Mampu appeared first on TurnBackHoax.