[SALAH] Foto Shinta Hudiarto Menyamar Menjadi Muslim dengan Memakai Mukena

by -25 views

Hasil Periksa Fakta Gabriela Nauli Sinaga (Universitas Sumatera Utara)

Klaim tersebut salah. Faktanya Shinta Hudiarto adalah seorang wanita muslim. Dirinya mengaku bahwa foto menggunakan mukena adalah benar foto dirinya yang diambil dari akun Instagram pribadi Shinta.

Selengkapnya ada di penjelasan.

=====

[KATEGORI]:
MISLEADING CONTENT/Konten yang Menyesatkan

=====

[SUMBER]:
FACEBOOK

archive.vn/Sqpyd

=====

[NARASI]:

“Buzzerp GAR ITB
Malu sama agama sendiri 🤣

Orang seperti inilah yg merusak kedamaian beragama di Indonesia”

=====

[PENJELASAN]:

Beredar sebuah unggahan di media sosial Facebook yang menampilkan foto wanita nasrani, yang memakai mukena untuk menyamar sebagai seorang muslim. Wanita ini disebutkan bernama Shinta Hudiarto, yang kemudian diketahui merupakan juru bicara dari Gerakan Anti Radikalisme Alumni Institut Teknologi Bandung (GAR ITB).

Namun setelah dilakukan penelusuran, jubir GAR ITB ini diketahui memang beragama Islam. Dalam unggahan di akun Facebook pribadinya, Shinta mengklarifikasi bahwa dirinya adalah seorang muslim. Bahkan Shinta telah melakukan umroh pada tahun 2018 lalu.

Foto dengan menggunakan mukena yang beredar pun diketahui memang foto Shinta yang diambil dari akun Instagram pribadinya. Jadi tidak ada hubungannya dengan maksud untuk menyamar. Sedangkan foto dirinya dengan bingkai bernuansa natal merupakan hasil editan. Dalam foto asli dari akun Instagram Shinta, foto dengan bingkai bernuansa natal tersebut tidak ada.

Shinta Hudiarto sendiri mendapat banyak kecaman dari masyarakat sejak komunitas GAR ITB, dimana dirinya adalah seorang jubir disana, dituduh melakukan pelaporan Din Syamsuddin atas tindakan radikalisme.

Melansir dari artikel Tempo.co, Shinta mengatakan bahwa tuduhan kepada GAR ITB adalah keliru. Kenyataannya, GAR ITB melaporkan Din Syamsuddin bukan atas tuduhan tindakan radikalisme, namun karena dugaan kasus pelanggaran disiplin ASN oleh Din Syamsuddin.

Dari hasil penelusuran dapat disimpulkan bahwa unggahan yang menyebutkan bahwa Shinta Hudiarto memakai mukena untuk menyamar sebagai seorang muslim adalah hoaks kategori misleading content atau konten menyesatkan.

=====

[REFERENSI]:

https://www.hops.id/jubir-gar-itb-dicaci-maki-saya-marah-sakit-hati-jiaaah-buat-apa/

https://nasional.tempo.co/amp/1433053/tanggapi-mahfud-md-gar-itb-pelaporan-din-syamsuddin-bukan-soal-tindak-radikal

Editor: Bentang Febrylian

The post [SALAH] Foto Shinta Hudiarto Menyamar Menjadi Muslim dengan Memakai Mukena appeared first on TurnBackHoax.