[SALAH] Foto Spesies Hewan Baru Muncul di Chernobyl

by -21 views

Hasil Periksa Fakta Khairunnisa Andini (Universitas Diponegoro).

Foto tersebut bukan merupakan spesies hewan baru yang muncul di Chernobyl, melainkan seekor beruang di Kebun Binatang Leipzig, Jerman, yang mengalami kerontokan bulu.

= = = = =

KATEGORI: Konteks yang Salah/False Context

= = = = =

SUMBER: Facebook
https://archive.vn/AUno2

= = = = =

NARASI:

[diterjemahkan ke dalam Bahasa Indonesia]

“[Gambar] Terdapat Spesies Hewan Baru yang Muncul di Chernobyl”

= = = = =

PENJELASAN:

Pengguna Facebook Jay Stewart mengunggah sebuah foto (19/12) yang menunjukkan foto seekor spesies hewan yang terlihat asing. Di dalam foto juga disertakan keterangan yang menyatakan bahwa hewan tersebut merupakan spesies hewan baru yang muncul di sekitar area Pembangkit Listrik Tenaga Nuklir Chernobyl, Ukraina.

Berdasarkan hasil penelusuran, foto tersebut bukan merupakan spesies hewan baru yang muncul di Chernobyl, melainkan seekor beruang di Kebun Binatang Leipzig, Jerman, yang mengalami kerontokan bulu. Melansir dari BBC, kerontokan bulu yang dialami oleh beruang tersebut diduga diakibatkan oleh perbedaan iklim di kebun binatang dengan habitat aslinya, yaitu Pegunungan Andes.

Informasi dengan topik serupa juga pernah dimuat dalam situs Snopes dengan judul artikel “Is This a ‘New Animal Species Taking Over Chernobyl’?” dan mengkategorikannya sebagai ‘miscaptioned’.

Dengan demikian, foto yang diunggah oleh pengguna Facebook Jay Stewart tersebut dapat dikategorikan sebagai Konteks yang Salah/False Context.

= = = = =

REFERENSI:

https://www.snopes.com/fact-check/chernobyl-animals/

http://news.bbc.co.uk/2/hi/europe/8345550.stm

https://www.youtube.com/watch?v=yH3Y-zcGhwE

Penulis: Khairunnisa Andini
Editor: Bentang Febrylian

The post [SALAH] Foto Spesies Hewan Baru Muncul di Chernobyl appeared first on TurnBackHoax.