[SALAH] Gambar artikel berjudul “Jalur Sepeda Sudirman-Thamrin yang Mau Dibongkar Telan Rp 30 M”

by -36 views

Hasil periksa fakta Rahmah an nisaa (Uin Sunan Ampel Surabaya).

Faktanya, gambar editan dari artikel asli yang berjudul “Jalur Sepeda Sudirman-Thamrin yang Mau Dibongkar Telan Rp 30 M” yang dimuat di situs finance.detik.com pada Rabu, 16 Juni 2021 pukul 16:12 WIB.

Selengkapnya pada penjelasan!

= = = = =

KATEGORI: Konten yang Menyesatkan/Manipulated Content

= = = = =

SUMBER: Facebook
https://archive.vn/vRNOp

= = = = =

NARASI
:“Salah Saya Dimana ? Saya Nggak Ngapa”-in”

= = = = =

PENJELASAN:

Beredar di Facebook gambar tangkapan layar artikel detik.com dengan judul “Jalur Sepeda Sudirman-Thamrin yang Mau Dibongkar Telan Rp 30 M”. Postingan tersebut diposting oleh akun Facebook Dwi Hapsari.

Saat ditelusuri mengunakan kata kunci judul pada tangkapan layar postingan Facebook ditemukan judul yang sama, namun dengan gambar yang berbeda, yang diunggah pada 16 Juni 2021. Dalam artikel asli finance.detik.com, foto yang dipublikasikan merupakan foto para pesepeda melewati jalur sepeda, bukan gambar Anies Baswedan dengan narasi “Salah Saya Dimana ? Saya Nggak Ngapa”in kok…”. Gambar asli Anies Baswedan terdapat dalam artikel bogor.pikiran-rakyat.com, dengan judul “Fakta atau Hoaks: Anies Baswedan Dikabarkan Siap Pimpin Palestina Lawan Pasukan Israel, Simak Faktanya”, tanpa ada tambahan tulisan “Salah Saya Dimana ? Saya Nggak Ngapa”in kok…”.

Dengan demikian berdasarkan penjelasan di atas, maka termasuk konten yang menyesatkan.

= = = = =

REFERENSI:
https://finance.detik.com/…/jalur-sepeda-sudirman…

https://bogor.pikiran-rakyat.com/…/fakta-atau-hoaks…

The post [SALAH] Gambar artikel berjudul “Jalur Sepeda Sudirman-Thamrin yang Mau Dibongkar Telan Rp 30 M” appeared first on TurnBackHoax.ID.

No More Posts Available.

No more pages to load.