[SALAH] Gambar Artikel Kompas.com Berjudul “SOLO BATASI KEGIATAN SAMPE JAM 8 MALAM KECUALI SEMANGGI , TERSERAH!!”

by -17 views

Hasil Periksa Fakta Luthfiyah Oktari Jasmien (Institut Agama Islam Negeri Surakarta).

Judul pada gambar tersebut merupakan suntingan. Faktanya, judul yang asli adalah “PPKM Darurat Jawa-Bali, Pilihan Jokowi Atasi Ledakan Pandemi, Berlaku Mulai Besok Selama 18 Hari”.
Selengkapnya pada penjelasan!
= = = = =

KATEGORI: Konten dimanipulasi

= = = = =
SUMBER: Whatsapp

= = = = =

NARASI:
“SOLO BATASI KEGIATAN SAMPE JAM 8 MALAM KECUALI SEMANGGI , TERSERAH!!”

= = = = =

PENJELASAN:
Beredar sebuah gambar tangkapan layar artikel dari Kompas.com dengan judul “SOLO BATASI KEGIATAN SAMPE JAM 8 MALAM KECUALI SEMANGGI , TERSERAH!!”. Gambar tangkapan layar tersebut beredar di Whatsapp.

Setelah ditelusuri pada website Kompas.com dengan menggunakan kata kunci judul artikel tangkapan layar tersebut tidak ditemukan artikel dengan judul tersebut.

Setelah ditelusuri lebih lanjut menggunakan tanggal pada tangkapan layar artikel tersebut ditemukan pada webiste Kompas.com artikel yang berjudul “PPKM Darurat Jawa-Bali, Pilihan Jokowi Atasi Ledakan Pandemi, Berlaku Mulai Besok Selama 18 Hari”. Tanggal dan waktu antara artikel Kompas.com dan tangkapan layar yang tersebar di Whatsapp sama yaitu Jumat, 2 Juli 2021 pukul 06.19.

Dengan demikian gambar tangkapan layar yang beredar di Whatsapp merupakan suntingan dari artikel Kompas.com dengan judul asli “PPKM Darurat Jawa-Bali, Pilihan Jokowi Atasi Ledakan Pandemi, Berlaku Mulai Besok Selama 18 Hari” sehingga masuk dalam kategori konten dimanipulasi.

REFERENSI:
https://nasional.kompas.com/read/2021/07/02/06194371/ppkm-darurat-jawa-bali-pilihan-jokowi-atasi-ledakan-pandemi-berlaku-mulai

Penulis: Luthfiyah Oktari Jasmien
Editor: Bentang Febrylian

The post [SALAH] Gambar Artikel Kompas.com Berjudul “SOLO BATASI KEGIATAN SAMPE JAM 8 MALAM KECUALI SEMANGGI , TERSERAH!!” appeared first on TurnBackHoax.ID.

No More Posts Available.

No more pages to load.