[SALAH] Gambar Tangkapan Layar artikel detik.com berjudul “Esemka Tidak Ikut Pameran Otomotif Karena Habis Terjual, Pembeli Terbanyak dari Kalangan Dukun”

by -21 views

Hasil Periksa Fakta Luthfiyah Oktari Jasmien (Institut Agama Islam Negeri Surakarta).

Gambar tangkapan layar tersebut merupakan suntingan. Faktanya, artikel asli pada detik.com berjudul “Tidak Ada Nama Esemka di Pameran Otomotif Indonesia Pertama Tahun Ini”.
Selengkapnya pada penjelasan!
= = = = =

KATEGORI: Konten Dimanipulasi

= = = = =
SUMBER: Facebook
https://archive.vn/RvGkp

= = = = =

NARASI:
“Esemka Tidak Ikut Pameran Otomotif Karena Habis Terjual, Pembeli Terbanyak dari Kalangan Dukun”
= = = = =

PENJELASAN:
Beredar di Facebook akun Aden Dimas Maldini XI memposting gambar tangkapan layar salah satu artikel detik.com dengan judul “Esemka Tidak Ikut Pameran Otomotif Karena Habis Terjual, Pembeli Terbanyak dari Kalangan Dukun”. Postingan tersebut diunggah pada 17 Februari 2021.

Setelah ditelusuri, gambar di dalam tangkapan layar postingan Facebook sama dengan gambar pada artikel yang dimuat oleh detik.com dengan judul “Tidak Ada Nama Esemka di Pameran Otomotif Indonesia Pertama Tahun Ini”. Selain hal tersebut tanggal dan waktu artikel detik.com sama dengan postingan Facebook yaitu Rabu, 12 Februari 2020 pukul 17:39.

Dengan demikian, gambar tangkapan layar Aden Dimas Maldini XI merupakan suntingan dari artikel asli detik.com dengan judul “Tidak Ada Nama Esemka di Pameran Otomotif Indonesia Pertama Tahun Ini” sehingga masuk dalam kategori konten yang dimanipulasi.

REFERENSI:
https://oto.detik.com/mobil/d-4896583/tidak-ada-nama-esemka-di-pameran-otomotif-indonesia-pertama-tahun-ini

Penulis: Luthfiyah Oktari Jasmien
Editor: Bentang Febrylian

The post [SALAH] Gambar Tangkapan Layar artikel detik.com berjudul “Esemka Tidak Ikut Pameran Otomotif Karena Habis Terjual, Pembeli Terbanyak dari Kalangan Dukun” appeared first on TurnBackHoax.