[SALAH] Gambar Tangkapan Layar Liputan6.com “Anies Baswedan Masuk Daftar sindikat pencucian uang sebelum formula e”

by -23 views

Hasil Periksa Fakta Luthfiyah Oktari Jasmien (UIN Raden Mas Said Surakarta).

Gambar tersebut merupakan suntingan. Faktanya, artikel asli yang Liputan6.com berjudul “Anies Baswedan Masuk Daftar Tokoh Masa Depan” telah disunting menjadi “Anies Baswedan Masuk Daftar sindikat pencucian uang sebelum formula e”.
Selengkapnya pada penjelasan!
= = = = =

KATEGORI: Konten yang Dimanipulasi

= = = = =
SUMBER: Facebook
https://archive.ph/qTxa1

Yuuk

= = = = =

NARASI:
“Anies Baswedan Masuk Daftar sindikat pencucian uang sebelum formula e”

= = = = =

PENJELASAN:
Akun Facebook Markonah II mengunggah tangkapan layar dari salah satu artikel milik Liputan6.com dengan judul “Anies Baswedan Masuk Daftar sindikat pencucian uang sebelum formula e” pada 5 Oktober 2021 pukul 07.46. Postingan tersebut diunggah pada grup Anies Baswedan For Presiden 2024-2029.

Setelah ditelusuri, pada website resmi Liputan6.com tidak ditemukan artikel dengan judul “Anies Baswedan Masuk Daftar sindikat pencucian uang sebelum formula e”. Namun jika ditelusuri berdasarkan tannggal pengunggahan yang tertera di tangkapan layar yaitu 30 April dengan waktu 17.17 terdapat artikel asli yang berjudul “Anies Baswedan Masuk Daftar Tokoh Masa Depan”. Kesamaan juga terdapat pada gambar di bawah judul berupa foto Anies dan logo “SCTV”. Kesamaan yang lain adalah baik gambar pada postingan Facebook dan artikel asli Liputan6.com sama-sama masuk dalam kategori politik.

Dengan demikian gambar tangkapan layar yang berjudul “Anies Baswedan Masuk Daftar sindikat pencucian uang sebelum formula e” merupakan suntingan. Artikel asli yang terdapat di website resmi Liputan6.com berjudul “Anies Baswedan Masuk Daftar Tokoh Masa Depan” dengan beracuan pada tanggal pengunggahan dan foto yang ada sehingga masuk dalam kategori konten yang dimanipulasi.

REFERENSI:
https://www.liputan6.com/news/read/274938/anies-baswedan-masuk-daftar-tokoh-masa-depan

Penulis: Luthfiyah Oktari Jasmien
Editor: Bentang Febrylian

The post [SALAH] Gambar Tangkapan Layar Liputan6.com “Anies Baswedan Masuk Daftar sindikat pencucian uang sebelum formula e” appeared first on TurnBackHoax.ID.

No More Posts Available.

No more pages to load.