[SALAH] Gubernur Anies Baswedan Bangun Bandara JB Soedirman di Purbalingga

by -27 views

Hasil Periksa Fakta Ani Nur MR (Universitas Airlangga).

Klaim yang salah. Pembangunan Bandara JB Soedirman yang terletak di Purbalingga, Jawa Tengah, hanya melibatkan Kementrian Perhubungan, TNI AU, PT Angkasa Pura II, Pemrov Jateng, dan Pemkab Purbalingga. Tidak ada sama sekali keterlibatan Gubernur DKI Jakarta.

Selengkapnya baca di PENJELASAN dan REFERENSI.

====

KATEGORI: FALSE CONTEXT

====

SUMBER: Facebook

https://archive.vn/59QGD

===

NARASI:

Selain Ngecat Genteng Rumah Warga,

Diam² Anies Bangun Bandara di Purwokerto

Bong..inilah Gubernur Indonesia(#jareDRUN)

(foto landasan pacu bandara JB Soedirman Purbalingga, Jawa Tengah)

(postingan artikel terkait progres pembangunan bandara JB Soedirman)

====

PENJELASAN:

Akun Facebook bernama Wahelistyo membagikan sebuah postingan disertai gambar di grup bernama “LAWAN KADRUN”.

Ia mengklaim bahwa Anies Baswedan telah membangun bandara, postingan tersebut disertai dengan gambar landasan pacu bandara JB Soedirman di Purbalingga, Jawa Tengah, yang barus saja selesai dibangun. Serta ditambahkan postingan artikel berjudul “Progres Pembangunan Bandara JB Soedirman Capai 83,8%”.

Setelah dilakukan penelusuran fakta, pembangunan Bandara Jendral Besar Soedirman (BJBS) berkerjasama dengan PT Angkasa Pura II dan melibatkan Kementrian Perhubungan, TNI AU, Pemrov Jateng dan Pemkab Purbalingga, tidak ada keterlibatan Gubernur Anies Baswedan dalam proses pembangunan bandara tersebut.

Dilansir dari website resmi Bappelitbangda (Badan Perencanaan Pembangunan, Penelitian, dan Pembangunan Daerah) Kabupaten Purbalingga, pada 17 November 2017 telah dilaksanakan penandatangan pembangunan bandara JB Soedirman menjadi bandara komersial berstandar internasional.

Penandatangan dilakukan oleh Bupati Purbalingga H Tasdi, SH, MM, Gubernur Jawa Tengah H Ganjar Pranowo, SH, MIP, Direktur Utama PT Angkasa Pura (AP) II Muhammad Awaluddin, Asisten Logistik KSAU Marsekal Muda TNI Yadi Husyadi, dan Direktur Utama LPPNPI (Lembaga Penyelenggara Pelayanan Navigasi Penerbangan Indonesia)/Airnav Indonesia, Novie Riyanto.

Acara tersebut juga dihadiri oleh Wakil Bupati Purbalingga Dyah Hayuning Pratiwi, SE, B.Econ, jajaran Forkompimda Purbalingga, para pejabat Purbalingga, Pemprov Jateng, pejabat dari Angkasa Pura II dan dari Airnav.

Bupati Pubalingga, H Tasdi mengatakan, dengan diadakannya pembangunan bandara JB Soedirman diharapkan dapat mendukung perekonomian, perdagangan dan pariwisata serta melayani aksesibilitas masyarakat.

Berdasarkan data yang terkumpul, klaim oleh akun Wahelistya terkait Gubernur Anies Baswedan bangun Bandara JB Soedirman di Purbalingga adalah tidak benar alias HOAX dan termasuk kategori FALSE CONTEXT.

====

REFERENSI:

https://m.liputan6.com/regional/read/3915462/lelang-april-2019-kapan-bandara-soedirman-purbalingga-beroperasi

====

Penulis: Ani Nur M R

Editor: Bentang Febrylian

The post [SALAH] Gubernur Anies Baswedan Bangun Bandara JB Soedirman di Purbalingga appeared first on TurnBackHoax.