[SALAH] “Habis shalat idul adha kemarin, Dua Sejoli Lakukan Hal Tak Senonoh Di Masjid”

by -26 views

Hasil Periksa Fakta Fathia Islamiyatul Syahida (Universitas Pendidikan Indonesia)

Faktanya BUKAN setelah sholat Idul Adha. Thumbnail yang digunakan merupakan peristiwa tahun 2019, dan aksi pencurian kotak amal tersebut diketahui terjadi pada 25 Mei 2021, atau dengan kata lain sebelum Idul Adha.

Selengkapnya di bagian penjelasan dan referensi.

===
Kategori : False Connection/Koneksi yang Salah

===
Sumber : Artikel Berita
www.berita-uptdate.xyz
https://archive.md/D03pm

===
Narasi :

“Astaghfirullah, Terekam CCTV..habis shalat idul adha kemarin, Dua Sejoli Lakukan Hal Tak Senonoh Di Masjid, membuat warga setempat geger”

===
Penjelasan :

Beredar sebuah artikel yang mengklaim bahwa terdapat pasangan yang melakukan hal tidak senonoh di masjid setelah shalat Iduladha. Dalam artikel tersebut, dituliskan terjadi penangkapan pelaku pencurian kotak amal di Masjid Raya Kota Tebing Tinggi yang ditangkap di Jalan Bakti, Tebing Tinggi pada Mei lalu.

Setelah ditelusuri melalui mesin pencarian Google, hal tersebut salah. Faktanya, tidak ada sumber yang kredibel terkait pemberitaan dua sepasang terlihat berbuat hal tak senonoh di masjid setelah salat iduladha. Kemudian, isi artikel tersebut merupakan copy-paste dari artikel berita yang dimuat pada laman Klikwarta.com, yang memberitakan pencurian kotak amal di Masjid Raya Kota Tebing Tinggi Sumatera Utara yang telah diunggah sejak 25 Mei 2021.

Tak hanya itu, setelah ditelusuri melalui Yandex Image, thumbnail gambar artikel tersebut merupakan capture cuplikan dari video yang telah beredar sejak 2019 di platform YouTube dengan judul “aksi takterpuji sepasang sejoli mencuri kotak amal di masjid”.

Selain itu, klaim pada judul artikel tersebut tidak relevan dengan isi artikelnya. Diketahui Iduladha dilaksanakan pada tanggal 20 Juli 2021, sedangkan dalam artikel disebutkan bahwa peristiwa pencurian terjadi pada 21 Mei 2021.

Dengan demikian, klaim pasangan terlihat berbuat tak senonoh di masjid setelah salat iduladha merupakan hoaks dengan kategori Koneksi yang Salah.

===
Referensi :
https://www.klikwarta.com/pelaku-pencuri-kotak-amal-masjid-raya-diringkus-satreskrim-polres-tebing-tinggi
https://www.youtube.com/watch?v=0UmGG-sIKo0
https://sumut.inews.id/berita/pencuri-kotak-amal-masjid-raya-tebingtinggi-ditangkap-saat-asyik-santai-di-warung-tuak

= = =

Editor: Bentang Febrylian

The post [SALAH] “Habis shalat idul adha kemarin, Dua Sejoli Lakukan Hal Tak Senonoh Di Masjid” appeared first on TurnBackHoax.ID.

No More Posts Available.

No more pages to load.