[SALAH] Huruf Braille di Setir Mobil untuk Mengetahui Letak Klakson

by -14 views

Hasil Periksa Fakta Khairunnisa Andini.

Bukan huruf Braille. Faktanya, tanda timbul tersebut merupakan tanda yang sering ditemukan pada mobil-mobil tua untuk memudahkan pengemudi menemukan letak klakson mobil tanpa harus mengalihkan pandangan dari jalan.

= = = = =

KATEGORI: Satire/Parodi

= = = = =

SUMBER: Twitter
https://archive.ph/e5rtB

= = = = =

NARASI:

(diterjemahkan ke dalam Bahasa Indonesia)

“Saya baru mengetahui bahwa tanda timbul yang ada di Setir Mobil adalah Huruf Braille, untuk membantu Pengemudi Tunanetra menemukan letak klakson jika dibutuhkan

#SemakinBanyakHalYangAndaKetahui”

= = = = =

PENJELASAN:

Akun Twitter dengan nama pengguna “ComedyGee” mengunggah sebuah foto yang menunjukkan beberapa tanda timbul di setir mobil. Unggahan tersebut juga disertai narasi yang menyatakan bahwa tanda timbul tersebut merupakan huruf Braille untuk memudahkan pengemudi tunanetra menemukan letak klakson mobil.

Berdasarkan hasil penelusuran, tanda timbul tersebut bukan merupakan huruf Braille. Melansir dari Reuters, Asosiasi Mobil Eropa (ACEA) menjelaskan bahwa tanda timbul tersebut merupakan tanda untuk memudahkan pengemudi menemukan letak klakson mobil tanpa harus mengalihkan pandangan dari jalan. Tanda tersebut umumnya ditemukan pada mobil-mobil tua, sebab klakson pada mobil tua hanya akan berbunyi ketika ditekan di titik tertentu.

Dengan demikian, narasi yang diunggah oleh akun Twitter dengan nama pengguna “ComedyGee” tersebut dapat dikategorikan sebagai Satire/Parodi.

= = = = =

REFERENSI:

https://www.reuters.com/article/uk-factcheck-braille-car-horn-blind-idUSKBN25V1V5

https://www.kompas.com/tren/read/2022/01/04/182044465/hoaks-huruf-braille-di-klakson-mobil-untuk-sopir-tunanetra

Penulis: Khairunnisa Andini
Editor: Bentang Febrylian

No More Posts Available.

No more pages to load.