[SALAH] “Inilah kiat untuk mengecek nomor kita apakah sudah dihack atau diretas orang.”

by -21 views

Hoaks daur ulang, sudah pernah diklarifikasi sebelumnya pada bulan Januari lalu (2021) dan juga pada tahun 2017. FAKTANYA, kode *#21# adalah untuk memeriksa status fitur penerusan atau pengalihan panggilan (call forwarding). TIDAK berkaitan langsung dengan peretasan, tetapi perlu diwaspadai jika ada yang meminta untuk melakukan.

Selengkapnya di bagian PENJELASAN dan REFERENSI.

KATEGORI: Konten yang Menyesatkan.

SUMBER: Pesan berantai WhatsApp.

NARASI: “Sekedar info: Sehubungan dgn maraknya penipu yang meretas Hp…, baik itu WA, IG, fb, dll…
Inilah kiat untuk mengecek nomor kita apakah sudah dihack atau diretas orang.

Mohon Cek di hp masing2

*#21# (bintang pagar 21 pagar)

kalau ada tulisan “diteruskan” berarti hp kita diretas orang…
Kalau tulisannya “tidak diteruskan” berarti aman.
Silahkan dicek

Jika muncul nomor lain maka cara menghentikan orang yang telah meng-hack HP kita dengan kode ##002#

Semoga bermanfaat…🙏🙏🙏💚💛❤”.

PENJELASAN

Berdasarkan “7 Jenis Mis dan Disinformasi”, termasuk “Konten yang Menyesatkan: Penggunaan informasi yang sesat untuk membingkai sebuah isu atau individu” [1].

SUMBER membagikan klaim yang sudah pernah diklarifikasi sebelumnya pada 25 Januari 2021 [2] dan pada tahun 2017 [3] lalu, yang terbukti SALAH.

Beberapa Referensi yang Berkaitan

Dari Wikipedia: “Penerusan panggilan , atau pengalihan panggilan , adalah fitur telepon dari beberapa sistem pengalihan telepon yang mengalihkan panggilan telepon ke tujuan lain, yang dapat berupa, misalnya, ponsel atau 03010044981 lain di mana pihak yang dipanggil yang diinginkan tersedia.” [4]

Dari detikInet: “Beredar broadcast kode *#21# untuk mengecek peretasan HP Anda. Ternyata itu adalah hoax belaka. Itu adalah kode untuk call forwarding. Justru, yang harus diwaspadailah adalah penipu dengan modus meminta Anda melakukan call forwarding.” [5]

Dari Cyberthreat.id: “Akun GoPay milik penyanyi dan artis Maia Estianty dibobol penjahat siber yang kebetulan seorang pengemudi GoJek pada Kamis (26 Desember 2019).” [6]

REFERENSI

[1] firstdraftnews.org: “Berita palsu. Ini rumit.” http://bit.ly/2MxVN7S (Google Translate), http://bit.ly/2rhTadC.

[2] turnbackhoax.id: “[SALAH] “*#21# cara cek hp disadap””, https://bit.ly/3qTaHoK / https://archive.md/aWO2Q (arsip cadangan).

[3] turnbackhoax.id: “[HOAX] “Apabila ada salah satu yg DITERUSKAN, maka bisa dipastikan Nomor anda telah disadap!!!””, https://bit.ly/3t9zfL9 / https://archive.md/C6Glz (arsip cadangan).

[4] wikipedia.org: “Meneruskan panggilan”, https://bit.ly/3nFKV7q (Google Translate) / https://archive.st/lih4 (arsip cadangan).

[5] inet.detik.com: “Awas Hoax Cek Peretasan HP Lewat *#21#”, https://bit.ly/3e7f1gE / https://archive.md/joPsV (arsip cadangan).

[6] cyberthreat.id: “Awas Fitur Call Forwarding, Maia Estianty Jadi Korbannya”, https://bit.ly/3tjUU3v / https://archive.md/RdY0h (arsip cadangan).

The post [SALAH] “Inilah kiat untuk mengecek nomor kita apakah sudah dihack atau diretas orang.” appeared first on TurnBackHoax.