[SALAH] Jadwal Kemunculan Varian Omicron

by -23 views

Hasil Periksa Fakta Nadine Salsabila (Universitas Diponegoro)

Hal tersebut tidak benar. Kemunculan varian Omicron ditemukan di Afrika pada bulan November tahun 2021 dan jadwal tersebut adalah perkiraan persebaran varian Covid-19 oleh peneliti.

= = = =

KATEGORI: Misleading Content atau Konten yang Menyesatkan

= = = =

SUMBER:
Facebook
https://archive.md/KXvDk

= = = =

NARASI:

“Saya merasa malu sama orang yg tdk vaksin tp kebal dr serangan virus seperti dibawah.

Lagian itu virus varian popcorn seharusnya bulan mei 2022 muncul, lah ini kok tdk sesuai jadwal.????”

= = = =

PENJELASAN:

Beredar sebuah narasi melalui akun Facebook Rosyid Masboy yang menginformasikan jadwal perilisan varian Covid-19. Narasi tersebut mencantumkan sebuah foto yang diklaim merupakan jadwal rilis varian Covid-19, serta mengatakan bahwa foto tersebut dikeluarkan oleh WHO dan World Economic Forum (WEF).

Setelah melakukan penelusuran, hal tersebut tidak benar. WHO dan WEF mengatakan bahwa dokumen tersebut tidak dikeluarkan oleh mereka. Selain itu, nama-nama varian yang ada dalam foto tersebut merupakan hasil penelitian dari peneliti dalam memperkirakan metode persebaran mutasi virus Corona. Hal tersebut dilakukan agar bisa mengetahui bagaimana cara untuk menangani mutasi virus Corona. Hasil periksa fakta dengan narasi serupa sudah diunggah pada laman turnbackhoax.id dengan judul “[SALAH] Foto Jadwal Perilisan Varian Covid-19”.

Dengan demikian, narasi yang diunggah oleh akun Facebook Rosyid Masboy tidak sesuai fakta dan masuk dalam kategori misleading content atau konten yang menyesatkan.

= = = = =

REFERENSI:

  1. https://cekfakta.tempo.co/fakta/1581/keliru-tabel-jadwal-peluncuran-varian-omicron-dari-who-john-hopkin-university-dan-world-economic-forum
  2. https://turnbackhoax.id/2021/08/01/salah-foto-jadwal-perilisan-varian-covid-19/

Penulis: Nadine Salsabila

Editor: Bentang Febrylian

The post [SALAH] Jadwal Kemunculan Varian Omicron appeared first on TurnBackHoax.ID.

No More Posts Available.

No more pages to load.