[SALAH] Jakarta tanggal 12-15 Februari Lockdown

by -17 views

Hasil Periksa Fakta Luthfiyah Oktari Jasmien (Institut Agama Islam Negeri Surakarta).

Informasi tersebut tidak benar atau hoax. Faktanya, Divisi Humas Polri dan Direktur Pencegahan dan Pengendalian Penyakit Menular Langsung Kementerian Kesehatan RI Siti Nadia Tarmidzi menegaskan hal tersebut tidak benar.

Selengkapnya pada penjelasan!

= = = = =

KATEGORI: Konten yang Menyesatkan

= = = = =

SUMBER: Whatsapp

= = = = =

NARASI:

“Barusan di umumkan oleh
Presiden Jokowi…
Mulai tgl 12 hari jum’at jam
8.00 malam sd tgl 15 hari Senin pagi jam.5.00 Jkt
Lockdown tidak boleh keluar
Rumah sama sekali dan toko2 .S.M .Rest. semua tutup. Semua hrs diam dirumah, harus sedia bahan makanan buat masak di
Rumah & jgn keluar rumah di tangkap lgs di Swap serta di denda besar sekali.
WARNING.”

= = = = =

PENJELASAN:

Beredar pesan berantai yang menginformasikan bahwa tanggal 12 -15 Februari Jakarta Lockdown. Semua harus berdiam dirumah jika keluar makan akan diswab dan didenda.

Setelah ditelusuri, pada akun Twitter resmi Divisi Humas Polri ditemukan postingan pada tanggal 5 Februari 2021 tentang informasi jakarta lockdown. Dalam postingan tersebut Divisi Humas Polri memastikan bahwa informasi tersebut tidak benar atau hoax dan mengimbau agar netizen selalu menerapkan saring sebelum sharing.

“Memang kontennya biasa saja, tapi isinya bisa bersifat menghasut membuat fitnah, dan kemudian hoaks itu akan menyasar emosi masyarakat dan kemudian menimbulkan opini negatif yang dapat mengakibatkan kegaduhan di masyarakat dan diintegrasi bangsa,” tutur Kepala Divisi Humas Polri Irjen Pol Argo Yuwono pada Jumat (5/2) melansir dari bisnis.com.

Direktur Pencegahan dan Pengendalian Penyakit Menular Langsung Kementerian Kesehatan RI Siti Nadia Tarmidzi menyampaikan terkait informasi Jakarta lockdown yang beredar itu tidak benar.
“Sampai saat ini pemerintah belum mengeluarkan kebijakan untuk melakukan lockdown total, baik di Jakarta maupun di daerah lainnya. Kita tahu, kebijakan yang sekarang telah diterapkan adalah Pemberlakuan Pembatasan Kegiatan Masyarakat (PPKM) di wilayah Jakarta dan Bali.” penjelasan Nadia melansir dari liputan6.com.

Dengan beberapa informasi baik dari Divisi Humas Polri melalui akun Twitter dan Direktur Pencegahan dan Pengendalian Penyakit Menular Langsung Kementerian Kesehatan RI Siti Nadia Tarmidzi yang sama menegaskan pesan berantai mengenai tanggal 12-15 Februari Jakarta lockdown adalah tidak benar atau hoax maka hal tersebut masuk dalam kategori konten yang menyesatkan.

= = = = =

REFERENSI:

https://twitter.com/DivHumas_Polri/status/1357679965605486594/photo/1

https://m.bisnis.com/amp/read/20210205/16/1353018/polri-berikan-klarifikasi-terkait-lockdown-jakarta-12-15-februari

https://m.liputan6.com/health/read/4476140/beredar-info-jakarta-lockdown-12-15-februari-2021-kemenkes-itu-tidak-benar

Penulis: Luthfiyah Oktari Jasmien
Editor: Bentang Febrylian

The post [SALAH] Jakarta tanggal 12-15 Februari Lockdown appeared first on TurnBackHoax.