[SALAH] Jalur Wisata Gunung Bromo Amblas

by -17 views

Hasil Periksa Fakta Ani R

Informasi Palsu. Dikonfirmasi langsung oleh Pemerintah Kabupaten Probolinggo, menyatakan tidak ada jalan yang amblas di kawasan jalur wisata Gunung Bromo dan pihak Pemkab memastikan, jalan amblas seperti terlihat di video berada di luar daerah Probolinggo.

Selengkapnya baca di PENJELASAN dan REFERENSI.

=====

KATEGORI: Konteks yang Salah

=====

SUMBER: Facebook

https://archive.vn/G73If

=====

NARASI:
” Jalur wisata gunung bromo amblas ! “
*video berdurasi 29 detik

“Jalur wisata Gunung bromo Amblas”

=====

PENJELASAN:

Beredar potingan berupa video di Facebook oleh akun bernama Holik Jayakusumah, ia membagikan sebuah video dengan keterangan jalan wisata Gunung Bromo ambles. Video yang berdurasi 29 detik tersebut terlihat jelas sebuah jalan amblas karena longsor dan orang-orang di sekitarnya tampak mendekati jalan tersebut.

Namun setelah dilakukan penelusuran fakta terkait, didapati bahwa jalan amblas seperti pada video tidak terjadi di jalur wisata Gunung Bromo.

Dikonfirmasi langsung oleh Pemerintah Kabupaten Probolinggo, Jawa Timur, bahwa video yang beredar luar mengenai amblasnya jalur wisata Gunung Bromo adalah HOAX. Saat tim Pemkab mendatangi langsung lokasi tidak ditemukan jalan yang amblas di jalur wisata Gunung Bromo.

“Kami sudah mengecek dan memastikan bahwa kabar amblesnya jalan di jalur wisata Gunung Bromo melalui Kabupaten Probolinggo tersebut hoaks atau disinformasi yang artinya penyampaian informasi yang salah (dengan sengaja) untuk membingungkan orang lain,” Jelas Kepala Dinas Komunikasi, Informartika, Statistik dan Persandian (Diskominfo) Kabupaten Probolinggo Yulius Christian dalam keterangan yang diterima ANTARA di Kabupaten Probolinggo, pada hari Jumat.

Pemkab memastikan bahwa jalan amblas yang terlihat pada video berada di daerah luar Kabupaten Probolinggo.

Lebih lanjut, Yulius menyatakan bahwa sampai pada hari Jumat, 19 November 2021, jalur wisata ke Gunung Bromo masih aman dan tidak ada jalan ambles, memang ada sedikit longsor, tapi longsoran kecil dan sudah dibersihkan oleh petugas. Baik roda dua ataupun roda empat masih aman melewati jalur tersebut.

Yulius mengimbau agar masyarakat senantiasa bijak dalam bersosial media dan tidak percaya begitu saja terhadap hoaks yang beredar, karena dapat meresahkan masyarakat utamanya masyarakat yang tinggal di sekitar Gunung Bromo.

Berdasarkan data yang terkumpul dapat disimpulkan bahwa klaim Holik Jayakusumah adalah HOAX dan termasuk kategori Konteks yang Salah.

=====

REFERENSI:
https://m.liputan6.com/cek-fakta/read/4714869/cek-fakta-tidak-benar-dalam-video-ini-jalur-wisata-gunung-bromo-amblas

https://www.google.com/amp/s/m.antaranews.com/amp/berita/2533281/pemkab-probolinggo-pastikan-video-amblesnya-jalur-wisata-bromo-hoaks

=====

Penulis: Ani R
Editor: Bentang Febrylian

The post [SALAH] Jalur Wisata Gunung Bromo Amblas appeared first on TurnBackHoax.ID.

No More Posts Available.

No more pages to load.