[SALAH] Jenderal Yusuf Menampar Liem Sioe Liong karena Ingin Kuasai Indonesia

by -29 views

Hasil Periksa Fakta Fachrun Nisa (Universitas Muhammadiyah Luwuk).

Liem Sioe Liong ditampar bukan karena ingin menguasai Indonesia melainkan dikarenakan menggunakan celana pendek ketika menghadap Presiden Soeharto.

Selengkapnya pada penjelasan!

= = = = =

KATEGORI: MISLEADING CONTENT

= = = = =

SUMBER: FACEBOOK
https://archive.ph/wip/5frPd

= = = = =

NARASI:
“Semoga masih ada seorang pemimpin seperti beliau.”

= = = = =

PENJELASAN:

Beredar sebuah foto yang menampilkan gambar Jendral Muhammad Yusuf beserta sebuah narasi tentang suatu kejadian penamparan yang dilakukan Yusuf kepada pemilik bank BCA dan sejumlah bisnis raksasa bernama Liem Sioe Liong.

Namun narasi pada postingan tersebut faktanya telah disunting dari kejadian aslinya. Dalam foto yang diunggah oleh akun Facebook dengan nama @suryadewi diklaim bahwa Yusuf menampar Liem disebabkan oleh keinginan Liem yang mau menguasai tanah di Indonesia.

Setelah ditelusuri dari sejarah kejadian penamparan tersebut disebabkan karena Liem hanya menggunakan celana pendek ketika akan bertemu dengan Presiden Soeharto kala itu, karena dianggap tidak sopan maka Yusuf kemudian menampar Liem.

Dengan demikian informasi yang beredar di Facebook yang menyatakan bahwa M. Yusuf menampar Liem karena takut Liem menguasai tanah Indonesia tersebut tidak benar, sehingga informasi tersebut masuk dalam kategori konten yang menyesatkan.

=====

REFERENSI

https://www.demokrasi.co.id/2020/06/cerita-jenderal-m-jusuf-menampar-taipan.html?m=1
https://www.gelora.co/2020/06/cerita-jenderal-m-jusuf-menampar-taipan.html?m=1

The post [SALAH] Jenderal Yusuf Menampar Liem Sioe Liong karena Ingin Kuasai Indonesia appeared first on TurnBackHoax.