[SALAH] Judul Berita CNN “Pelaku Penembakan di Kolorado adalah Warga Arab tetapi Bermoral Kulit Putih”

by -13 views

Hasil Periksa Fakta Khairunnisa Andini (Universitas Diponegoro).

Judul hasil suntingan. Judul asli berita tersebut berbunyi “Pelaku Penembakan di Kolorado telah Ditahan Hari Ini”, dan dapat dilihat dalam video berjudul “What we know about Boulder shooting suspect” yang diunggah oleh kanal YouTube CNN pada 24 Maret 2021 lalu.

= = = = =

KATEGORI: Konteks yang Salah/False Context

= = = = =

SUMBER: Twitter
https://archive.ph/o3pgP

= = = = =

NARASI:

[diterjemahkan ke dalam Bahasa Indonesia]

“Media Menyatakan Bahwa Pelaku Penembakan adalah Warga Arab tetapi Bermoral Kulit Putih”

NARASI DALAM GAMBAR:

[diterjemahkan ke dalam Bahasa Indonesia]

“INVESTIGASI: PELAKU PENEMBAKAN ADALAH WARGA ARAB, TETAPI BERMORAL KULIT PUTIH”

= = = = =

PENJELASAN:

Akun Twitter dengan nama pengguna TheBabylonBee mengunggah sebuah foto hasil tangkapan layar yang menunjukkan potongan berita CNN dengan judul “Pelaku Penembakan di Kolorado adalah Warga Arab tetapi Bermoral Kulit Putih”.

Berdasarkan hasil penelusuran, judul tersebut merupakan judul hasil suntingan. Judul asli berita tersebut berbunyi “Pelaku Penembakan di Kolorado telah Ditahan Hari Ini”, dan dapat dilihat dalam video berjudul “What we know about Boulder shooting suspect” yang diunggah oleh kanal YouTube CNN pada 24 Maret 2021 lalu. Melansir dari Reuters, Kepala Badan Komunikasi Strategis CNN, Matt Dornic, menegaskan bahwa judul tersebut adalah palsu. CNN tidak pernah menyiarkan berita dengan judul tersebut.

Artikel dengan topik serupa juga pernah diunggah dalam situs Reuters, dengan judul artikel “Fact check-CNN headline about the Colorado mass shooting suspect is digitally altered” dan mengkategorikannya sebagai ‘altered’.

Dengan demikian, narasi yang diunggah oleh akun Twitter dengan nama pengguna TheBabylonBee tersebut dapat dikategorikan sebagai Konteks yang Salah/False Context.

= = = = =

REFERENSI:

https://www.youtube.com/watch?v=q-StPojXPGo&t=110s

https://www.reuters.com/article/factcheck-cnn-colorado/fact-check-cnn-headline-about-the-colorado-mass-shooting-suspect-is-digitally-altered-idUSL1N2LU1TK

Penulis: Khairunnisa Andini
Editor: Bentang Febrylian

The post [SALAH] Judul Berita CNN “Pelaku Penembakan di Kolorado adalah Warga Arab tetapi Bermoral Kulit Putih” appeared first on TurnBackHoax.