[SALAH] “Kapal SDH hancur di. Rudal kapal cina”

by -19 views

Hasil Periksa Fakta Fathia Islamiyatul Syahida (Universitas Pendidikan Indonesia)

Klaim tersebut salah. Melansir dari Kompas, Kepala Staff TNI Angkatan Laut (KSAL), Laksamana Yudo Margono menjelaskan penyebab keretakan pada KRI Nanggala-402 ialah tenggelamnya kapal tersebut hingga melebihi jangkauan kedalaman maksimal.

Selengkapnya di bagian penjelasan dan referensi.

===
Kategori: Misleading Content/Konten yang Menyesatkan

===
Sumber: Tangkapan Layar Whatsapp

===
Narasi:

“Gimana mau ketemu kapalnya !?!

Kapal SDH hancur di. Rudal kapal cina ,mnkn kapal selam kita menangkap pergerakan bawah laut tanpa setahu kita n demi menyelamatkan misi keji kapal siluman cina, akhirnya kapal selam kita d rudal n ini pasti melibatkan pemerintah ! ! ! !”

===
Penjelasan:
Ditemukan sebuah pesan di Whatsapp yang mengklaim bahwa kapal selam KRI Nanggala 402 sudah hancur disebabkan oleh tembakan rudal kapal China. Penembakan tersebut juga diklaim melibatkan pemerintah. Klaim ini beredar pada tanggal 26 April 2021 setelah KRI Nanggala dinyatakan tenggelam pada Sabtu, 24 April 2021.

Berdasarkan hasil penelusuran, klaim tersebut salah. Melansir dari Kompas.com, penyebab tenggelamnya kapal KRI Nanggala 402 bukan karena kesalahan manusia maupun black out atau mati listrik karena penyelaman sudah mengikuti prosedur yang ada. Kendati demikian, Kepala Staff TNI Angkatan Laut (KSAL) Laksamana Yudo Margono mengatakan perlu mengangkat badan kapal terlebih dahulu untuk mengetahui penyebab pasti tenggelamnya kapal selam itu.

KRI Nanggala-402 ditemukan di kedalaman 838 meter. Melalui bantuan kapal Singapura MV Swift Rescue tampak jelas kondisi kapal terbelah menjadi tiga bagian. Panglima TNI, Marsekal Hadi Tjahjanto, memastikan KRI Nanggala-402 tidak meledak karena tidak memunculkan tanda-tanda ledakan meskipun ditemukan serpihan dalam radius 10 mil dari area KRI Nanggala-402 menyelam.

Menanggapi isu hancur/retaknya KRI Nanggala 402, Yudo menjelaskan penyebabnya adalah kapal tersebut tenggelam di luar jangkauan kedalaman maksimal, 250-500 meter.

Mengacu kepada seluruh hasil referensi, klaim bahwa KRI Nanggala-402 dirudal kapal China adalah hoaks dalam kategori konten yang menyesatkan.

===
Referensi:
https://nasional.kompas.com/read/2021/04/25/13061501/ini-penyebab-kri-nanggala-402-alami-keretakan

https://www.kompas.com/tren/read/2021/04/28/142000165/hoaks-kri-nanggala-402-hancur-ditorpedo-kapal-selam-china-093b?page

https://www.medcom.id/telusur/cek-fakta/JKRAq65k-cek-fakta-kapal-selam-hancur-dirudal-tiongkok-itu-hoaks?

===
Editor: Bentang Febrylian

The post [SALAH] “Kapal SDH hancur di. Rudal kapal cina” appeared first on TurnBackHoax.