[SALAH] “Karena Ditinggalkan Jemaatnya, Gereja Terbesar Di Rusia Ini Dijual Dan Dijadikan Masjid”

by -23 views

Hasil Periksa Fakta Ani Nur MR (Universitas Airlangga).

Bukan Gereja. Bangunan Masjid tersebut sejak awal berdiri memang sudah berupa Masjid, diusulkan oleh komunitas muslim di Rusia sejak akhir 1890 dan kemudian otoritas Kota Moskow mengizinkan pembangunan Masjid pada Desember 1903. Masjid itu awalnya bernama Masjid Katedral dan menjadi salah satu Masjid tertua di Kota Moskow, Rusia.

Selengkapnya baca di PENJELASAN dan REFERENSI.

=====

KATEGORI: Konten yang Salah/False Context

=====

SUMBER: Facebook
http://archive.today/1O4kr

=====

NARASI:

Karena Ditinggalkan Jemaatnya, Gereja Terbesar Di Rusia Ini Dijual Dan Dijadikan Masjid

*video cuplikan berita berdurasi 2 menit 25 detik menunjukkan Presiden Rusia Vladmir Putin meresmikan Masjid Katedral Moskow.

=====
PENJELASAN:

Beredar postingan di Facebook oleh akun bernama Ikhzn Alaydrus di grup “Anies Baswedan For Presiden 2024-2029”. Postingan tersebut berupa video berdurasi 2 menit 25 detik memperlihatkan Presiden Rusia Vladmir Putin meresmikan Masjid Katedral Moskow. Ikhzn memberikan narasi dalam postingannya bahwa Masjid tersebut dulunya adalah gereja yang kemudian diubah menjadi Masjid karena ditinggalkan jemaatnya.

Setelah dilakukan penelusuran fakta terkait, Masjid Katedral Moskow dulunya bukanlah Gereja. Sejak pembangunan awal kali, Masjid tersebut memang sudah berupa Masjid. Pada akhir tahun 1890, komunitas Muslim di Kota Moskow mengusulkan untuk dibangun sebuah tempat ibadah bagi para Muslim di kota tersebut. Akhirnya, otoritas Kota Moskow mengizinkan pembangunan Masjid pada Desember 1903. Pembangunan Masjid Katedral dikerjakan oleh arsitek Nickolay Alekseevich Zhukov dalam gaya Bizantium dan dapat menampung 2000 jamaah.

Namun pada tahun 2011, Masjid tersebut dirobohkan untuk diperbesar agar dapat menampung jemaah Muslim dalam jumlah yang lebih besar. Pembangunan memakan waktu 4 tahun dan di tahun 2015 Masjid tersebut diresmikan oleh Presiden Rusia Vladimir Putin. Terlihat juga Presiden Turki Recep Tayyip Erdogan dan Presiden Palestina Mahmoud Abbas menghadiri acara peresmian Masjid Katedral yang kini diubah namanya menjadi Masjid Agung Moskow atau Moskovskiy Soborniy Mecet. Masjid Agung Moskow dapat menampung sebanyak 10.000 jemaah dan merupakan salah satu Masjid tertua di Kota Moskow yang memiliki nilai sejarah bagi umat Muslim di kota tersebut.

Berdasarkan data yang terkumpul dapat disimpulkan bahwa klaim Ikhzn Alaydrus adalah HOAX dan termasuk kategori Konten yang Salah/False Context.

=====

REFERENSI:

https://news.detik.com/internasional/d-3027314/sejarah-panjang-masjid-terbesar-di-eropa-yang-diresmikan-presiden-putin

https://m.youtube.com/watch?v=w0m9E8wKPO8

=====

Penulis: Ani Nur MR
Editor: Bentang Febrylian

The post [SALAH] “Karena Ditinggalkan Jemaatnya, Gereja Terbesar Di Rusia Ini Dijual Dan Dijadikan Masjid” appeared first on TurnBackHoax.ID.

No More Posts Available.

No more pages to load.