[SALAH] Karena Hidup Orangtua yang Sulit, Seorang Bayi Diserahkan Kepada Sekelompok Tentara

by -19 views

Hasil Periksa Fakta Gabriela Nauli Sinaga (Universitas Sumatera Utara)

Hal tersebut adalah informasi hoaks. Faktanya video tersebut adalah proses evakuasi seorang bayi dari kericuhan yang terjadi di Afghanistan.

Selengkapnya ada di penjelasan.

=====
[KATEGORI]: MISLEADING CONTENT/Konten Menyesatkan

=====

[SUMBER]: WHATSAPP
archive.vn/PN0vX

=====
[NARASI]:

“ada yang tau peristiwa apa ini???
Seperti nya bayi direlakan orang tua nya diberikan kpd tentara karena keadaan susah.. “

=====
[PENJELASAN]:

Beredar sebuah video melalui pesan Whatsapp yang menampilkan peristiwa penyerahan bayi oleh masyarakat kepada sekelompok tentara. Narasi pesan ini menyatakan bahwa bayi itu diserahkan oleh orangtuanya karena mereka mengalami kesulitan hidup.

Namun setelah dilakukan penelusuran, ternyata pesan tersebut adalah hoaks. Orangtua yang menyerahkan bayi mereka kepada sekelompok tentara bukanlah karena kehidupan yang sulit, tapi untuk mengevakuasi bayi tersebut dari daerah kericuhan di Bandara Kabul, Afghanistan.

Kericuhan yang terjadi di Afghanistan khususnya di kabul menimbulkan kekhawatiran bagi masyarakat dan membuat mereka ingin keluar dari Afghanistan. Hal ini membuat banyak masyarakat berkerumun di depan pintu masuk Bandara Kabul untuk dapat melarikan diri melalui evakuasi yang dilakukan oleh tentara Amerika Serikat sebelum seluruh tentara barat itu pergi meninggalkan Afhanistan.

Jadi dapat disimpulkan, video penyerahan bayi kepada tentara karena hidup orangtua yang sulit merupakan informasi hoaks kategori misleading content atau konten menyesatkan.

[REFERENSI]:

https://www.aljazeera.com/news/2021/8/20/afghanistan-taliban-evacuations-un-report-updates-live-news

=====
Editor: Bentang Febrylian

The post [SALAH] Karena Hidup Orangtua yang Sulit, Seorang Bayi Diserahkan Kepada Sekelompok Tentara appeared first on TurnBackHoax.ID.

No More Posts Available.

No more pages to load.