[SALAH] Keluwing Memiliki “Bisa” Yang Mematikan

by -50 views

Hasil Periksa Fakta Fathia IS.

Informasi tersebut salah. Dilansir dari Kompas, luwing tidak menggigit atau menyengat. Luwing hanya memilki pertahanan kimia dalam jumlah yang sedikit dan jika mengenai kulit manusia tidak berbahaya dan masih bisa ditangani.

Selengkapnya di bagian penjelasan dan referensi.

= = =
Kategori: Konten yang Menyesatkan

= = =
Sumber: Facebook

Arsip Sumber
https://turnbackhoax.id/wp-content/uploads/2021/11/SALAH-Keluwing-Memiliki-Bisa-Yang-Mematikan.jpeg

= = =
Narasi:
[Terjemahan Facebook]

“Hewan ini sangat menakutkan disebut hewan berbisa bisa membunuh manusia seoran anak laki-laki di provinsi pailin mati kena gigitan hewan ini harap berhati-hati semuanya!!

Tolong bantu share untuk menyebarkan kesadaran kepada semua orang

Berlanjut dariku: Heang Tola”

= = =
Penjelasan:
Beredar sebuah informasi di Facebook yang menunjukkan foto seorang anak dan foto hewan yang setelah ditelusuri merupakan foto keluwing. Foto tersebut diklaim merupakan foto seorang anak yang meninggal karena mendapatkan gigitan dari keluwing tersebut. Keluwing dalam foto tersebut juga diklaim memiliki bisa yang mematikan.

Setelah melakukan penelusuran, informasi tersebut salah. Faktanya, keluwing adalah jenis hewan yang termasuk dalam suku Kaki Seuja (Diplopoda) dan kelas Kaki Seribu (Myrapoda), bagian pokok hewan bertungkai ruas (Arthopoda), sering disebut lelue, titinggi, atau luwing dan tidak berbahaya.

Dilansir dari Kompas, luwing tidak menggigit atau menyengat. Namun, luwing tetap memilki pertahanan kimia meski dalam jumlah yang sedikit. Umumnya, cairan kimia yang di keluaran luwing jika mengenai kulit manusia dapat ditangani dengan mencuci tangan secara menyeluruh menggunakan sabun.

Selain itu, tidak ditemukan informasi pasti mengenai detail foto anak yang dilampirkan dalam unggahan tersebut. Namun, setelah ditelusuri melalui mesin pencarian, tidak ada informasi yang menjelaskan terkait seorang anak di Provinsi Pailing yang meninggal akibat gigitan hewan keluwing berbisa.

Dengan demikian, klaim keluwing memiliki “bisa” dan membunuh melalui gigitan adalah hoaks dengan kategori konten yang menyesatkan.

= = =
Sumber:

  1. https://id.wikipedia.org/wiki/Keluwing
  2. https://sains.kompas.com/read/2018/12/05/180200223/sama-sama-berkaki-banyak-ahli-ungkap-perbedaan-kelabang-dan-luwing?page=all
  3. https://www.alodokter.com/komunitas/topic/kaki-seribu

= = =
Editor: Bentang Febrylian

The post [SALAH] Keluwing Memiliki “Bisa” Yang Mematikan appeared first on TurnBackHoax.ID.

No More Posts Available.

No more pages to load.