[SALAH] “Klub sepak bola yang pertama kali ditayangkan di televisi adalah pertandingan Arsenal vs Everton pada tahun 1937”

by -31 views

BUKAN pertandingan Arsenal vs Everton. Pertandingan di foto itu adalah pertandingan Arsenal melawan tim cadangannya pada 16 September 1937.

Selengkapnya di bagian PENJELASAN dan REFERENSI

===========================================
Kategori : Konten yang Salah
===========================================

Akun Instagram DUNIA UNIK (instagram.com/duniaunik.id) pada 23 April 2021 mengunggah sebuah gambar yang berisi foto yang menunjukkan sejumlah pesepak bola sedang mengerubungi sebuah kamera di tepi lapangan dan narasi “Tahukah kamu? Klub sepak bola yang pertama kali ditayangkan di televisi adalah pertandingan Arsenal vs Everton pada tahun 1937.”

Sumber : perma.cc/2YW3-ZFUF (Arsip)

===========================================

PENJELASAN

Berdasarkan hasil penelusuran, klaim adanya foto yang menunjukkan sejumlah pesepak bola sedang mengerubungi sebuah kamera di tepi lapangan yang diklaim sebagai pertandingan yang pertama kali ditayangkan di televisi adalah pertandingan Arsenal vs Everton pada tahun 1937 adalah konten yang salah.

Faktanya, bukan pertandingan Arsenal vs Everton. Pertandingan di foto itu adalah pertandingan Arsenal melawan tim cadangannya pada 16 September 1937.

Berdasarkan hasil penelusuran gambar menggunakan Google Images, foto asli salah satunya diunggah di situs agensi foto Getty Images dengan narasi “Arsenal Football team peering into a camera at Highbury after playing in the first football match to be filmed live on television, Arsenal vs Arsenal Reserves” atau jika diterjemahkan:

“Tim sepak bola Arsenal melihat ke sebuah kamera di Highbury usai pertandingan sepak bola pertama yang disiarkan di televisi, Arsenal melawan tim cadangannya.”

Foto itu juga diterbitkan harian The Guardian di artikel berjudul “How Arsenal blazed TV trail, jostling for airtime with cartoons and smut” pada tanggal 16 September 2015 untuk memperingati 78 tahun pertandingan tersebut.

REFERENSI
https://www.gettyimages.com/detail/news-photo/arsenal-football-team-peering-into-a-camera-at-highbury-news-photo/2659948
https://www.theguardian.com/football/tvandradioblog/2015/sep/16/how-arsenal-blazed-tv-trail-jostling-for-airtime-with-cartoons-and-smut

The post [SALAH] “Klub sepak bola yang pertama kali ditayangkan di televisi adalah pertandingan Arsenal vs Everton pada tahun 1937” appeared first on TurnBackHoax.