[SALAH] Komnas HAM Boneka Cendana dan Melindungi Teroris Papua

by -25 views

Hasil Periksa Fakta Nadine Salsabila Naura Marhaeni (Universitas Diponegoro)

Beredar foto yang diklaim merupakan foto dari Tommy Soeharto dan Ketua Komnas HAM. Komnas HAM melalui akun resmi Twitternya menyatakan bahwa orang yang berada dalam foto tersebut BUKAN Ahmad Taufan Damanik, Ketua Komnas HAM. Di samping itu, Komnas HAM mengutuk keras segala bentuk tindak kekerasan yang dilakukan oleh kelompok bersenjata di Papua.

= = = =

KATEGORI: Misleading content/konten yang menyesatkan

= = = =

SUMBER:
Facebook
https://archive.fo/ziXFe

= = = =

NARASI:

“HAM-BURGER milik orang yang dulu punya saham di PT. Freeport.
Jejak digital memang kejam mace…pace”

= = = =

PENJELASAN:

Telah beredar sebuah unggahan dalam grup Facebook Buzzer NKRI Solid oleh akun Hans Chaniago II yang mengatakan bahwa Komnas HAM milik Keluarga Cendana. Dalam unggahan tersebut menyantumkan foto yang diklaim merupakan foto Ketua Komnas HAM, Ahmad Taufan Damanik dengan Tommy Soeharto. Selain itu, unggahan tersebut juga menyantumkan gambar lainnya yang mengatakan bahwa Komnas HAM bekerja sama dengan elit Papua untuk melindungi kelompok teroris Papua agar tidak dimusnahkan oleh TNI/Polri.

Setelah melakukan penelusuran, hal tersebut tidak benar. Komnas HAM melalui akun resmi Twitternya mengatakan bahwa orang dalam foto yang beredar bukanlah Ahmad Taufan Damanik, Ketua Komnas HAM. Dalam klarifikasi tersebut Komnas HAM juga mengatakan bahwa Ketua Komnas HAM tidak pernah bertemu dengan keluarga Cendana dalam kesempatan apapun. Hasil periksa fakta yang sama pernah diunggah pada situs turnbackhoax.id dengan judul [SALAH] Foto “ternyata Ahmad Taufan Damanik ketua Komnas HAM boneka cendana”.

Di samping itu, tidak ada pernyataan Komnas HAM yang mengatakan bahwa Komnas HAM melindungi kelompok bersenjata Papua. Melansir dari laman berita Detik, Ketua Komnas HAM, Ahmad Taufan Damanik mengatakan bahwa Komnas HAM mengutuk keras segala bentuk tindak kekerasan yang dilakukan oleh kelompok bersenjata Papua.

“Tentu saja kami mengutuk keras berbagai aksi kekerasan yang dilakukan oleh kelompok perlawanan bersenjata, baik yang ditujukan kepada orang sipil maupun kepada aparat keamanan. Seruan tokoh agama dan masyarakat Papua yang disampaikan ke Komnas HAM selama ini selalu menginginkan penyelesaian damai agar masyarakat Papua bisa hidup aman dan meneruskan pembangunan daerah mereka yang sangat tertinggal dibandingkan daerah lain di Indonesia,” ujarnya.

Dengan demikian, maka dapat dikatakan bahwa unggahan dalam grup Buzzer NKRI Solid oleh akun Hans Chaniago II tidak sesuai fakta dan masuk ke dalam kategori misleading content atau konten yang menyesatkan.

= = = =

REFERENSI:

  1. https://twitter.com/KomnasHAM/status/1337021395063037952
  2. https://turnbackhoax.id/2020/12/10/salah-foto-ternyata-ahmad-taufan-damanik-ketua-komnas-ham-boneka-cendana/
  3. https://www.kominfo.go.id/content/detail/31425/hoaks-foto-ketua-komnas-ham-berdua-dengan-tommy-soeharto/0/laporan_isu_hoaks
  4. https://news.detik.com/berita/d-5551401/komnas-ham-khawatir-kekerasan-meningkat-usai-kkb-papua-dicap-teroris?single=1

Penulis: Nadine Salsabila Naura Marhaeni
Editor: Bentang Febrylian

The post [SALAH] Komnas HAM Boneka Cendana dan Melindungi Teroris Papua appeared first on TurnBackHoax.