[SALAH] Kucing Berusia 30 Tahun atau Setara dengan 90 Tahun Umur Manusia

by -20 views

Hasil Periksa Fakta Novita Kusuma Wardhani (Institut Ilmu Sosial dan Ilmu Politik (IISIP) Jakarta. Informasi tersebut salah. Faktanya, kucing tersebut menderita Ehlers-Danlos syndrome (EDS), atau yang lebih dikenal sebagai Feline Cutaneous Asthenia (FCA) di dunia kucing.

Selengkapnya di bagian penjelasan.

===

Kategori: Konten yang Menyesatkan

===

Sumber: Instagram
https://archive.ph/GRA8C

===

Narasi:
“30 tahun dah umur kucing ni, bersamaan 90 tahun umur manusia, kategori moyang dah ni gais”

Penjelasan:
Beberapa waktu lalu akun Instagram bernama @muhammad_khalil_99 mengunggah sebuah foto seekor kucing dengan narasi yang menjelaskan bahwa kucing yang terdapat dalam foto tersebut merupakan kucing yang telah berusia 30 tahun, atau setara dengan 90 tahun umur manusia. Atas dasar tersebut, maka wajah kucing itupun berbeda dari wajah kucing pada umumnya, karena kucing yang terdapat dalam foto tersebut memiliki kulit yang telah mengendur.

Namun melansir dari themighty.com, kucing tersebut merupakan kucing yang diadopsi oleh pasangan Georgina Price dan pasangannya Christopher Lardner asal Stroud, Gloucestershire, Inggris bernama Toby. Toby merupakan kucing yang didiagnosis menderita Ehlers-Danlos syndrome (EDS), atau yang lebih dikenal sebagai Feline Cutaneous Asthenia (FCA) di dunia kucing. Sindrom tersebut merupakan kondisi genetik yang mempengaruhi jumlah dan struktur kolagen dalam tubuh, sehingga sindrom tersebutlah yang menyebabkan Toby memiliki kulit yang mengendur atau menggantung dari tubuhnya karena tidak adanya elastisitas pada kulitnya.

Melansir dari akun Instagram @tummyandgummy yang dikelola oleh Georgina dan Christopher, Georgina menjelaskan pada salah satu foto yang diunggah pada 30 Desember 2019 lalu bahwa Toby pada saat itu merupakan kucing berusia 6 tahun yang didiagnosis menderita EDS, sehingga menyebabkan adanya kelainan pada kulitnya. Kelainan tersebut menyebabkan kulitnya terlihat mengendur dan mudah terluka. Selain itu, melansir dari themighty.com, Georgina juga memaparkan kekhawatirannya atas dampak yang dapat diterima Toby atas sindrom tersebut, sehingga ia berusaha untuk membatasi beberapa aktivitas Toby, seperti melakukan lompatan, tujuannya adalah untuk mengurangi tekanan pada persendiannya, karena EDS juga memiliki pengaruh pada persendian penderitanya. Hal itulah yang menyebabkan Toby mudah terluka, bahkan saat melakukan aktivitas rutin.

Berdasarkan pada seluruh referensi, informasi terkait Kucing Berusia 30 tahun atau setara dengan 90 tahun umur manusia ialah informasi salah dan masuk ke dalam kategori konten yang menyesatkan.

Referensi:

https://themighty.com/2019/06/toby-cat-ehlers-danlos-syndrome/

https://www.instagram.com/p/BwkdzTdBt8a/?utm_medium=copy_link

Penulis: Novita Kusuma Wardhani
Editor: Bentang Febrylian

The post [SALAH] Kucing Berusia 30 Tahun atau Setara dengan 90 Tahun Umur Manusia appeared first on TurnBackHoax.ID.

No More Posts Available.

No more pages to load.