[SALAH] Kuesioner Berhadiah dalam Rangka Perayaan HUT Toyota Ke-80

by -11 views

Hasil Periksa Fakta Khairunnisa Andini.

Bukan program resmi dari Toyota. Toyota melalui situs resminya menegaskan bahwa pihaknya tidak pernah menyelenggarakan program kuesioner berhadiah dalam rangka perayaan HUT perusahaan.

= = = = =

KATEGORI: Konten Palsu/Fabricated Content

= = = = =

SUMBER: WhatsApp
https://archive.ph/Joxpr

= = = = =

NARASI:

(diterjemahkan ke dalam Bahasa Indonesia)

“Selamat!
Perayaan HUT Toyota Ke-80 !
Dengan mengisi kuesioner, anda akan mendapat kesempatan untuk memenangkan sebuah Toyota corolla .”

= = = = =

PENJELASAN:

Beredar sebuah pesan berantai melalui WhatsApp yang berisi kuesioner berhadiah dari Toyota dalam rangka perayaan HUT ke-80 perusahaan. Dalam kuesioner tersebut, disebutkan bahwa hadiah yang dapat dimenangkan berupa satu unit mobil Toyota Corolla.

Berdasarkan hasil penelusuran, kuesioner berhadiah tersebut adalah palsu. Toyota melalui situs resminya menegaskan bahwa pihaknya tidak pernah menyelenggarakan program kuesioner berhadiah dalam rangka perayaan HUT perusahaan. Lebih lanjut, Perusahaan Toyota Motor Manufacturing pertama kali didirikan pada tahun 1937, sehingga usia perusahaan pada tahun ini telah mencapai 85 tahun, bukan 80 tahun.

Narasi serupa juga pernah beredar pada tahun 2021 lalu. Artikel dengan topik tersebut telah dimuat dalam situs turnbackhoax.id dengan judul artikel “[SALAH] Giveaway Ulang Tahun Toyota Motor Ke-80” yang diunggah pada 24 Mei 2021.

Dengan demikian, pesan berantai di WhatsApp terkait kuesioner berhadiah yang mengatasnamakan Toyota tersebut dapat dikategorikan sebagai Konten Palsu/Fabricated Content.

= = = = =

REFERENSI:

https://mag.toyota.co.uk/toyota-phishing-scam/

https://www.toyotauk.com/about-toyota/history-of-toyota

https://turnbackhoax.id/2021/05/24/salah-giveaway-ulang-tahun-toyota-motor-ke-80/

Penulis: Khairunnisa Andini
Editor: Bentang Febrylian

No More Posts Available.

No more pages to load.