[SALAH] Kungkang adalah Hewan yang Hampir Punah karena Ditumis

by -19 views

Hasil Periksa Fakta Ani Nur MR

Informasi Palsu. Hewan kungkang hampir punah dikarenakan deforestasi dan urbanisasi, bukan karena ditumis/dimasak. Dilansir dari Sloth Conservation, menurut International Union for Conservation of Nature (IUCN), hanya dua dari enam spesies kungkang yang dianggap terancam punah.

Selengkapnya pada bagian penjelasan.

=====

KATEGORI: Parodi/Satire

=====

SUMBER: Facebook

https://archive.vn/N655q

=====

NARASI:
“Kungkang adalah hewan yang hampir punah di dunia karena di tumis”

*video berdurasi 34 memperlihatkan kungkang menyebrang jalan

=====

PENJELASAN:

Beredar sebuah postingan di Facebook oleh akun bernama “Jeg bali” yang membagikan sebuah postingan berupa video, memperlihatkan hewan kungkang sedang menyebrangi jalan. Jeg bali menambahkan narasi bahwa hewan kungkang merupakan hewan yang hampir punah karena ditumis atau dimasak.

Setelah dilakukan penelusuran fakta terkait, klaim Jeg Bali adalah hoaks. Melansir dari laman Sloth Conservation, menurut International Union for Conservation of Nature (IUCN), hanya dua dari enam spesies kungkang yang dianggap terancam punah.

Adapun sebab penurunan populasi kungkang tersebut dikarenakan deforestasi dan urbanisasi. Hal ini kemudian menghilangkan habitat kungkang, kungkang lebih sering turun ke tanah, dan karenanya rentan terhadap serangan anjing, serta perburuan liar.

Dilansir dari kompas.com, video asli dapat ditemukan di akun Instagram @ztb_video. Diketahui kejadian tersebut terjadi di Kosta Rika, Polisi memblokade jalan agar kungkang bisa melewati jalan raya tanpa terburu-buru.

Dalam caption yang berbahasa Rusia, yang sudah diterjemahkan ke Bahasa Indonesia berbunyi sebagai berikut:
“Biarkan akhir pekan berlalu secepat kemalasan lucu dari Kosta Rika ini. Polisi yang peduli dari resor Manuel Antonio secara khusus memblokir lalu lintas sehingga pria tampan itu tidak terburu-buru.”

Berdasarkan data yang terkumpul dapat disimpulkan bahwa klaim Jeg bali adalah hoaks dan termasuk kategori Parodi/Satire.

=====

REFERENSI:
https://www.kompas.com/tren/read/2021/12/05/093357765/hoaks-kungkang-hewan-yang-hampir-punah-karena-ditumis?page=2

https://slothconservation.org/endangered-sloths/

=====

Penulis: Ani Nur MR
Editor: Bentang Febrylian

The post [SALAH] Kungkang adalah Hewan yang Hampir Punah karena Ditumis appeared first on TurnBackHoax.ID.

No More Posts Available.

No more pages to load.