[SALAH] Lowongan Kerja Bagi Lulusan SMA/SMK di Satpol PP Surabaya

by -23 views

Hasil Periksa Fakta Novita Kusuma Wardhani (Institut Ilmu Sosial dan Ilmu Politik (IISIP) Jakarta). Informasi tersebut salah. Faktanya, melalui akun Instagram resminya, yaitu @satpolppsurabaya. Pihak Satpol PP Surabaya menyatakan bahwa informasi terkait dengan dibukanya lowongan pekerjaan Satpol PP daerah Surabaya pada Desember 2021 ialah informasi salah.

Selengkapnya di bagian penjelasan.

===

Kategori: Konten Palsu

===

Sumber: Portal Daring
archive.ph/FH8si

===

Narasi:
“Lowongan kerja SMA/SMK di Satpol PP Surabaya Desember 2021
Papaloker.com-Lowongan Kerja Terbaru Desember 2021 – Berikut ini kami bagikan informasi Lowongan Kerja 2021 dari Satpol PP. Satuan Polisi Pamong Praja, disingkat Satpol PP, adalah perangkat Pemerintah Daerah dalam memelihara ketentraman dan ketertiban umum serta menegakkan Peraturan Daerah. Organisasi dan tata kerja Satuan Polisi Pamong Praja ditetapkan dengan Peraturan Daerah.
Satpol PP dapat berkedudukan di Daerah Provinsi dari Daerah Kabiupaten/Kota.
Di Daerah Provinsi, Satuan Polisi Pamong Praja dipimpin oleh kepala yang ada dibawah dan bertanggung jawab kepada Gubernur melalui Sekretaris Daerah
Di Daerah Kabupaten/Kota, Satuan Polisi Pamong Praja dipimpin oleh Kepala yang berada di bawah dan bertanggung jawab kepada Bupati/Wali kota melalui Sekretaris Daerah.
Rekruitmen Lowongan Kerja Pendaftaran Calon Satuan Polisi Pamong Praja Tahun 2021.”

Penjelasan:
Beberapa waktu lalu sempat beredar informasi tentang adanya lowongan pekerjaan untuk lulusan SMA/SMK di Satuan Polisi Pamong Praja atau Satpol PP daerah Surabaya. Namun melansir dari beritajatim.com, Kepala Satpol PP Kota Surabaya, Eddy Christijanto menyatakan, bahwa informasi mengenai adanya lowongan kerja bagi lulusan SMA/SMK di Satuan Polisi Pamong Praja atau Satpol PP pada Desember 2021 di Kota Surabaya dipastikan tidak benar atau hoax. Ia juga menegaskan bahwa Satpol PP Kota Surabaya untuk tahun 2021 dan 2022 belum membuka pendaftaran untuk menjadi anggota baru dari Satpol PP.

Melansir dari surabaya.liputan6.com, Eddy Christijanto juga menyatakan bahwa setelah dilakukan penelusuran pada website penyedia jasa informasi lowongan pekerjaan tersebut, ia membenarkan terkait dengan adanya lowongan pekerjaan untuk menjadi anggota atau bagian dari Satpol PP, tetapi lowongan pekerjaan tersebut tersedia di luar Kota Surabaya.

Lalu apabila diperhatikan lebih seksama. Dari portal daring tersebut pula, informasi terkait dengan adanya lowongan pekerjaan di Satpol PP Surabaya selalu dimuat setiap tahun dalam website tersebut, sehingga bisa disimpulkan bahwa artikel yang memuat tentang informasi lowongan pekerjaan di Satpol PP Surabaya itupun merupakan artikel recycle yang diulang setiap tahun dengan mengubah tanggal dan lokasi daerah pendaftarannya.

Selain itu, melansir dari akun Instagram resmi Satpol PP Surabaya, @satpolppsurabaya. Pihak Satpol PP Surabaya menyatakan bahwa informasi terkait dengan dibukanya lowongan pekerjaan Satpol PP daerah Surabaya pada Desember 2021 ialah informasi salah. Pihak Satpol PP Surabaya juga mengimbau kepada masyarakat agar berhati-hati apabila terdapat oknum yang menjanjikan pekerjaan untuk menjadi Anggota Satpol PP dengan mengatasnamakan Satpol PP Surabaya, karena pada tahun 2021 ini, pihak Satpol PP Surabaya belum membuka rekrutmen bagi anggota baru. Selain itu, diimbau pula mengenai berbagai informasi terkait dengan Satpol PP Surabaya hanya diinformasikan pada laman resmi Satpol PP Surabaya.

Eddy Christijanto juga menyarankan kepada masyarakat, apabila mendapat informasi terkait lowongan pekerjaan di lingkungan Pemerintah Kota Surabaya, bisa segera melakukan konfirmasi ke Organisasi Perangkat Daerah (OPD) terkait atau bisa pula melakukan konfirmasi ke Kantor Bagian Humas Pemerintah Kota Surabaya, yang berlokasi di Jalan Jimerto No. 25-27 Surabaya.

Berdasarkan pada seluruh referensi, lowongan kerja bagi lulusan SMA/SMK di Satpol PP Surabaya ialah informasi salah dan masuk ke dalam kategori konten palsu.

Referensi:

https://beritajatim.com/politik-pemerintahan/hoax-beredar-informasi-lowongan-kerja-satpol-pp-surabaya/
https://surabaya.liputan6.com/read/4794412/satpol-pp-surabaya-diserang-hoaks-lowongan-kerja
https://www.instagram.com/p/CXnV4RxPz8V/
https://web.archive.org/web/20200929072719/https://www.papaloker.com/2020/01/lowongan-kerja-smasmk-di-satpol-pp.html

Penulis: Novita Kusuma Wardhani
Editor: Bentang Febrylian

No More Posts Available.

No more pages to load.