[SALAH] “Mayoritas Siswa di Jepang Tidak Mendapatkan Ujian dan Tugas Sekolah Hingga Kelas IV SD”

by -17 views

Hasil Periksa Fakta Renanda Dwina Putri (Anggota Komisariat MAFINDO Universitas Pendidikan Indonesia)

Faktanya, anak-anak sekolah TK dan SD di Jepang mendapatkan ujian dan berbagai tugas yang diberikan pihak sekolah.

Selengkapnya di bagian penjelasan.

====

Kategori: Konten yang Menyesatkan

====

Sumber: Facebook

https://turnbackhoax.id/wp-content/uploads/2021/10/Ujian-Jepang.pdf

====

Narasi:

“Selamat hari Selasa, teman-teman. Begitu banyak kesehatan ❤

Narasi dalam Foto:

“Mayoritas Siswa di Jepang Tidak Mendapatkan Ujian dan Tugas Sekolah Hingga Kelas IV SD. Anak-anak terlebih dahulu diajarkan untuk menghormati orang lain dan hewan. Bermurah hati, bersimpati, pengendalian diri, dan menghormati alam. Diyakini bahwa dalam tiga tahun pertama studi, pengetahuan akademis bukanlah hal terpenting. Anak-anak sekolah di Jepang tidak mendapat pelajaran akademis dan ujian sampai kelas 4. Anak-anak di sana juga wajib di TK di usia 3 tahun.”

====

Penjelasan:

Akun Facebook Ensiklopedia Bebas mengunggah foto yang di dalamnya terdapat narasi bahwa mayoritas siswa di Jepang tidak mendapatkan ujian dan tugas sekolah hingga kelas IV SD. Selain itu, dalam foto itu juga disebutkan anak-anak di Jepang wajib untuk menempuh pendidikan TK di usia 3 tahun. Unggahan yang diunggah pada 21 September 2021 mendapatkan atensi berupa 2,7 rb reaksi, 275 komentar, dan telah dibagikan sebanyak 374 kali.

Berdasarkan hasil penelusuran, informasi dalam unggahan Facebook Ensiklopedia Bebas tidak benar. Mengutip dari situs Facts and Details, ujian bagi siswa di Jepang bahkan sudah dimulai untuk seleksi masuk ke Taman Kanak-Kanak (TK) dengan menguji kemampuan mereka terkait bentuk, warna buah, angka, dan sikap sopan santun. Selain itu, ditemukan soal-soal ujian siswa Sekolah Dasar (SD) kelas 1 sampai 6 pada situs Prefektur Okayama dan Saitama yang terdiri dari soal matematika, bahasa, dan sains. Siswa SD di Jepang juga diberikan berbagai tugas sekolah, termasuk pekerjaan rumah (PR) yang harus dikerjakan di musim panas.

Di samping itu, klaim unggahan Facebook Ensiklopedia Bebas terkait wajibnya anak-anak di Jepang untuk bersekolah di TK pada usia 3 tahun tidak benar. Mengutip dari Wikipedia dan Insider, pendidikan di Taman Kanak-Kanak tidak wajib untuk diikuti anak-anak Jepang.

Dari berbagai fakta di atas, unggahan akun Facebook Ensiklopedia Bebas dikategorikan sebagai Konten yang Menyesatkan.

====

Referensi:

https://factsanddetails.com/japan/cat23/sub150/entry-2800.html#chapter-2

https://www.pref.okayama.jp/page/417290.html

https://www.pref.saitama.lg.jp/g2202/gakkoukyouiku/gakuryokukoujyou01-1.html

https://en.wikipedia.org/wiki/Elementary_schools_in_Japan

https://www.insider.com/what-kindergarten-looks-like-around-the-world-2019-5

Editor: Bentang Febrylian

The post [SALAH] “Mayoritas Siswa di Jepang Tidak Mendapatkan Ujian dan Tugas Sekolah Hingga Kelas IV SD” appeared first on TurnBackHoax.ID.

No More Posts Available.

No more pages to load.