[SALAH] “Mensos Beri Apresiasi Rina Kusumastuti Atas Penemuan Metode Penurunan Berat Badan 15 Kilogram dalam Seminggu”

by -21 views

Hasil Periksa Fakta Natalia Kristian (Anggota Komisariat MAFINDO Universitas Indonesia).

Informasi yang salah. Akun Instagram tersebut bukanlah akun milik Mensos Tri Risma Harini dan pelajar yang disebut bernama Rina Kusumastuti memperoleh penghargaan nasional karena menemukan metode penurun berat badan adalah tidak benar.

= = = = =

KATEGORI: Konten Palsu/Fabricated Content

= = = = =

SUMBER: Media Daring

https://archive.vn/ph1od

= = = = =

NARASI:

“Menteri Sosial Tri Rismaharini memberikan apresiasi kepada Rina Kusumastuti.

Apresiasi ini diberikan atas penemuan Rina Kusumastuti atas penemuan metode Penurunan Berat Badan 15 kilogram dalam seminggu.

Rina Kusumastuti menawarkan sebuah ide genius yang mana proses realisasinya akan ditangani oleh struktur ilmiah Indonesia.

Berat badan yang berlebihan atau dalam ilmu medis dinamakan obesitas memang sangat tidak dianjurkan, sebab memiliki berat badan berlebih akan berakibat pada kesehatan itu sendiri.”

= = = = =

PENJELASAN:

Beredar artikel dari media daring PERIANGANTIMURNEWS dengan judul “Mensos Beri Apresiasi Rina Kusumastuti Atas Penemuan Metode Penurunan Berat Badan 15 Kilogram dalam Seminggu” yang dipublikasi pada 7 Juni 2021 dengan klaim bahwa Mensos Tri Rismaharini memberikan apresiasi kepada Tina Kusumastuti atas penemuan metode penurunan berat badan.

Berdasarkan artikel dari tuturan.com. Foto pelajar tersebut ternyata sering digunakan untuk iklan-iklan pelangsing tubuh yang biasanya menampilkan berita tentang penghargaan tertinggi atas ditemukannya metode baru penurunan berat badan oleh Rina Kusumastuti. Faktanya, pelajar tersebut ternyata bernama Latifah Maratun Sholikhah yang merupakan siswi SMA Negeri 1 Teras, Boyolali, pada artikel dari lipi.go.id menjelaskan bahwa Latifah mendapatkan juara I LKIR LIPI dalam kategori social sciences dan 4th Place Grand Awards on Category of Social and Behavioral Sciences melalui karya penelitian “Anak-Anak yang Terabaikan: Studi Kasus Sikap Masyarakat terhadap Anak Penderita HIV/AIDS di Enam Kecamatan di Surakarta”. Ia juga memperoleh penghargaan sebagai Honorable Mentions dari American Physiological Association. Akun Instagram Mensos Tri Rismaharini yang dirujuk pada artikel tersebut juga adalah akun palsu, akun pribadi Tri Rismaharini adalah @trirismaharini01 yang dikelola oleh staffnya.

Melihat dari penjelasan tersebut aplikasi PeduliLindungi dibuat dan semua data direkam oleh Singapura adalah tidak benar sehingga termasuk dalam kategori Konten Palsu/Fabricated Content.

= = = = =

REFERENSI:

https://tuturan.com/berita/fotonya-sering-digunakan-iklan-obat-pelangsing-ini-fakta-penghargaan-siswi-ini/

http://lipi.go.id/berita/peneliti-remaja-indonesia-raih-penghargaan-di-kompetisi-ilmiah-internasional/18321

The post [SALAH] “Mensos Beri Apresiasi Rina Kusumastuti Atas Penemuan Metode Penurunan Berat Badan 15 Kilogram dalam Seminggu” appeared first on TurnBackHoax.ID.

No More Posts Available.

No more pages to load.