[SALAH] Narasi “Mulai tanggal 6 kemarin siap2 kedepan beli lotek, cendol, seblak, cireng, cilok dan sebagainya bisa jadi wajib oleh yuan”

by -26 views

Hasil Periksa Fakta Renanda Dwina Putri (Anggota Komisariat MAFINDO Universitas Pendidikan Indonesia)

Faktanya, Bank Indonesia dan People’s Bank of China memulai implementasi skema pembayaran dengan mata uang masing-masing negara, Yuan dan Rupiah untuk transaksi bilateral, bukan seluruh transaksi di Indonesia menggunakan Yuan.

Selengkapnya di bagian penjelasan.

====

Kategori: Konten yang Menyesatkan

====

Sumber: Facebook
https://turnbackhoax.id/wp-content/uploads/2021/09/Yuan.pdf

====

Narasi:

“Ngawitan kaping 6 kamari
Siap siap kapayunna mah meuli lotek, cendol, seblak, cireng, cilok jeung sajabana bisa jadi kudu ku yuan
Ngarti pan kunaon hayoooooooo we di perpanjang…. Can panjang eta nana
Dek ku saha di belaan mun lain ku urang urang.
Cik mikil kumaha anak incu urang kahareup na.
Persiapkeun DZOHIR batin na Sing weweg khusus na masalah ka imanan
Hayukkkk urang sauyunan melaan lemah cai urang sorangan
Enjoykeun”

====

Penjelasan:

Akun Facebook Sundaisme mengunggah hasil tangkapan layar artikel berita berjudul “Mulai Hari Ini, Transaksi RI-China Bisa Pakai Rupiah atau Yuan” disertai dengan narasi yang menyebutkan bahwa segala transaksi di dalam negeri harus menggunakan mata uang China, yakni Yuan. Unggahan yang diunggah pada 8 September 2021 itu mendapat atensi berupa 3,3 rb reaksi, 1,7 rb komentar, dan telah dibagikan sebanyak 684 kali.

Berdasarkan hasil penelusuran, hasil tangkapan layar yang dilampirkan pada unggahan Facebook itu adalah artikel berita VIVA News yang terbit pada 6 September 2021. Dalam berita tersebut, dijelaskan bahwa Bank Indonesia (BI) dan People’s Bank of China (PBC) menyepakati implementasi kerja sama penyelesaian transaksi bilateral dengan menggunakan mata uang lokal masing-masing negara atau local currency settlement (LCS). Kerangka kerja sama itu meliputi penggunaan kuotasi nilai tukar secara langsung dan relaksasi regulasi tertentu dalam transaksi valuta asing antara mata uang rupiah dan yuan. Mengutip dari CNN Indonesia, transaksi kedua negara itu sebelumnya menggunakan dolar AS, namun kemudian diganti dengan mata uang lokal sebagai upaya bank sentral untuk mendorong penggunaan mata uang lokal yang lebih luas dalam penyelesaian transaksi perdagangan dan investasi langsung dengan berbagai negara mitra.

“Perluasan penggunaan LCS diharapkan dapat mendukung stabilitas rupiah melalui dampaknya terhadap pengurangan ketergantungan pada mata uang tertentu di pasar valas domestik,” papar BI.

Dari berbagai fakta di atas, unggahan akun Facebook Sundaisme dikategorikan sebagai Konten yang Menyesatkan.

====

Referensi:

https://www.viva.co.id/berita/bisnis/1401849-mulai-hari-ini-transaksi-ri-china-bisa-pakai-rupiah-atau-yuan

https://www.cnnindonesia.com/ekonomi/20210906091347-78-690124/ri-china-tinggalkan-dolar-as-mulai-pakai-rupiah-dan-yuan

Editor: Bentang Febrylian

The post [SALAH] Narasi “Mulai tanggal 6 kemarin siap2 kedepan beli lotek, cendol, seblak, cireng, cilok dan sebagainya bisa jadi wajib oleh yuan” appeared first on TurnBackHoax.ID.

No More Posts Available.

No more pages to load.