[SALAH] Parasetamol P-500 mengandung virus Machupo

by -22 views

Hasil Periksa Fakta Luthfiyah Oktari Jasmien (Institut Agama Islam Negeri Surakarta).

Infomasi tersebut merupakan hoaks. Badan Pom melalui website resmi menjelaskan tidak pernah menerima laporan kredibel yang mendukung virus Machupo ada didalam obat Parasetamol atau yang lain.
Selengkapnya pada penjelasan!
= = = = =

KATEGORI: Konten Menyesatkan

= = = = =
SUMBER: Facebook
https://bit.ly/3jhTgOp

= = = = =

NARASI:
“Hoax tidak nya saya tidak tau juga yg jelas mencegah lebih baik daripada mengobati
Ini kirimkan dari kawan”
= = = = =

PENJELASAN:
Akun Facebook bernama Ahmad Ahmad memposting sebuah gambar pada 7 Juni 2021. Pada gambar obat Parasetamol P-500 terdapat narasi yang mengklaim bahwa Parasetamol P-500 mengandung virus Machupo yang merupakan virus paling berbahaya di dunia.

Setalah ditelusuri melansir dari pom.go.id informasi tentang obat Parasetamol P-500 mengandung virus Machupo merupakan hoaks. Badan POM tidak pernah menerima laporan kredibel yang mendukung virus Machupo di dalam obat Parasetamol atau yang lain. Kepala Badan POM, Penny K. Lukito menjelaskan Badan Pom tidak pernah menemukan hal seperti yang diisukan termasuk kandungan virus Machupo dalam produk obat.

Mengenai Virus Machupo Badan POM menjelaskan bahwa virus yang bersumber dari air liur, urin atau feses hewan pengerat yang terinfeksi serta menjadi pembawa (reservoir) virus penyebarannya dapat melalui udara, makanan, atau kontak langsung.

Penny K. Lukito juga mengimbau untuk masyarakat Indonesia membeli obat di apotek dan saran resmi lainya serta untuk menjadi konsumen cerdas dan tidak mudah terpengaruh oleh hoaks.

“Ingat CEK KLIK, cek kemasan, label, izin edar, dan kedaluwarsa”, ujar Penny K. Lukito melansir dari pom.go.id.

“Jadilah konsumen cerdas, jangan mudah terpengaruh oleh isu/hoax yang beredar di media sosial. Apabila menemukan produk yang mencurigakan, laporkan ke contact center Badan POM di nomor telepon 1500533 (pulsa lokal) atau Balai Besar/Balai POM di seluruh Indonesia”, pesan Kepala Badan POM melansir dari pom.go.id.

Melansir dari turnbackhoax.id hoaks mengenai Parasetamol P-500 yang mengandung virus Machupo merupakan hoaks lama yang kembali beredar karena pada tahun 2017 ditemukan hoaks dengan narasi sama.

Dengan demikian klaim bahwa Parasetamol P-500 mengandung virus Machupo adalah hoaks. Hal tersebut sudah diklarifikasi oleh Badan Pom melalui website resmi menjelaskan tidak pernah menerima laporan kredibel yang mendukung virus Machupo di dalam obat Parasetamol atau yang lain sehingga masuk dalam kategori konten menyesatkan.

REFERENSI:
https://www.pom.go.id/new/view/more/klarifikasi/45/KLARIFIKASI-BADAN-POM-TERKAIT-BEREDARNYA-ISU–PRODUK-OBAT-PARASETAMOL-YANG-MENGANDUNG-VIRUS-BERBAHAYA.html

https://cekfakta.tempo.co/fakta/353/fakta-atau-hoaks-benarkah-paracetamol-p500-mengandung-virus-machupo

Penulis: Luthfiyah Oktari Jasmien
Editor: Bentang Febrylian

Huuh

The post [SALAH] Parasetamol P-500 mengandung virus Machupo appeared first on TurnBackHoax.ID.

No More Posts Available.

No more pages to load.