[SALAH] Pencairan Dana 600.000-1,2 Juta Periode 2021 oleh BNI dan BRI

by -19 views

Hasil Periksa Fakta Nadine Salsabila (Universitas Diponegoro)

Hal tersebut tidak benar. Pihak BRI dan BNI menegaskan bahwa hal tersebut bukanlah program penyaluran dana resmi dari BRI dan BNI.

= = = =

KATEGORI: misleading content atau konten yang menyesatkan

= = = =

SUMBER:
Facebook (https://bit.ly/3B8k0qH)
https://turnbackhoax.id/wp-content/uploads/2021/10/hoaks-pencairan-dana-BRI-BNI.pdf (link arsip sumber)

= = = =

NARASI:

“INFORMASI PENTING,,!!
alhamdulillah bun,,bagi ibu-ibu d group ini
Yang punya kartu ATM dari Bank BNI BRI mandiri dll bisa cairkan dana 600 ribu – 1,2 juta di
periode 2021 ini, coba di cek banyak yg sudah cair , Semoga bisa membantu,,?Cara mencairkan
tinggal cek link di bawah
http://bit.ly/hanya-modal-ktp-maksimal-10juta-tanpa…”

= = = =

PENJELASAN:

Beredar sebuah narasi melalui grup Facebook Info Kredit Pinjaman Tanpa Agunan oleh akun Istiawan yang mengatakan terdapat pencairan dana periode 2021. Narasi tersebut mengatakan bahwa pencairan dana tersebut bernilai Rp600.000 hingga Rp1.200.000. Narasi tersebut juga mengatakan bahwa pencairan dana tersebut disalurkan melalui beberapa Bank, seperti BRI dan BNI.

Setelah melakukan penelusuran, hal tersebut tidak benar. Melansir dari laman berita Kompas, Corporate Secretary BRI, Aestika Oryza Gunarto menegaskan bahwa segala bentuk informasi pemberian dana oleh BRI diinformasikan melalui situs resmi BRI. Ia mengimbau kepada masyarakat agar tidak memberikan data pribadi perbankan, seperti OTP dan PIN. Di samping itu, Corporate Secretary BNI, yakni Mucharom mengatakan bahwa tautan yang tercantum dalam narasi tersebut bukan tautan skema pencairan dana kredit dari BNI. Tautan tersebut juga merupakan tautan untuk pinjaman online, bukan tautan pencairan dana. Ia mengimbau masyarakat untuk mengecek daftar pinjaman online melalui OJK, mengecek suku bunga pinjaman dan konsekuensi ketika tidak mampu membayar pinjaman tersebut.

Dengan demikian, narasi yang diunggah dalam grup Facebook Info Kredit Pinjaman Tanpa Agunan oleh akun Istiawan tidak sesuai fakta dan masuk ke dalam kategori misleading content atau konten yang menyesatkan.

= = = =

REFERENSI:

  1. https://www.kompas.com/tren/read/2021/09/28/170000765/-hoaks-dana-cair-rp-600.000-rp-1-2-juta-melalui-bni-bri-dan-mandiri?page=all#page2
  2. https://www.youtube.com/results?search_query=%5BHOAKS%5D+Dana+Cair+Rp+600.000-Rp+1%2C2+Juta+melalui+BNI%2C+BRI%2C+dan+Mandiri

Penulis: Nadine Salsabila
Editor: Bentang Febrylian

The post [SALAH] Pencairan Dana 600.000-1,2 Juta Periode 2021 oleh BNI dan BRI appeared first on TurnBackHoax.ID.

No More Posts Available.

No more pages to load.