[SALAH] Pernyataan Putin Mengirimkan Teroris Ke Tuhan

by -18 views

Hasil Periksa Fakta Rahmah An Nisaa (Uin Sunan Ampel Surabaya).

Faktanya, ini merupakan hoaks lama dari 2015 dan bukan tulisan dari Presiden Rusia Vladimir Putin, melainkan kutipan yang berasal dari Film “Man on Fire”, yang diucapkan oleh Denzel Washington.

Selengkapnya pada penjelasan!
= = = = =

KATEGORI: Konten Palsu / Fabricated Content
= = = = =

SUMBER: Facebook
https://archive.vn/lnwuS
= = = = =

NARASI:
“Mema’afkan teroris itu urusan Tuhan. Tapi mengantarkan teroris kepada Tuhan itu urusanku (Vladimir Putin)”
= = = = =

PENJELASAN:
Melalui laman media sosial Facebook Grup Bersama Menuju Indonesia Unggul, pemilik akun Myrtha Soeroto membagikan sebuah kiriman yang menyertakan gambar Putin disertai narasi “Jaringan teroris JAD, JI, dan ISIS mengapa sulit diberangus ? Coba ikuti saja langkah Presiden Putin”. Postingan tersebut mendapat respon sebanyak 366 suka, 36 komentar, dan 12 kali dibagikan.

Setelah dilakukan penelusuran, dilansir dari usnews.com pernyataan Presiden Vladimir Putin adalah palsu. Usnews menyebutkan bahwa kutipan tersebut bukan berasal dari Putin, melainkan actor dalam Film Man on Fire, Denzel Washington.

Informasi bohong ini merupakan hoax lama yang kembali diunggah. Dalam artikel detik.com dengan judul “Pernyataan Putin Soal Mengirim Teroris ke Tuhan Palsu, Penyebar Minta Maaf” ini terbit pada 19 November 2015. Remi Maalouf, yang menulis kutipan seolah-olah dari Putin pun telah meminta maaf atas “pencatutan” nama Putin dalam pernyataan tersebut.

Berdasarkan seluruh referensi yang ada, pernyataan Putin mengirim teroris ke Tuhan itu termasuk hoaks dengan kategori konten palsu.

REFERENSI:

https://www.usnews.com/news/articles/2015/11/18/who-wants-to-send-terrorists-to-god-vladimir-putin-or-denzel-washington

https://internasional.kompas.com/read/2015/11/19/16480061/Pernyataan.Putin.soal.Mengirimkan.Teroris.ke.Tuhan.Ternyata.Palsu

Penulis: Rahmah An Nisaa
Editor: Bentang Febrylian

The post [SALAH] Pernyataan Putin Mengirimkan Teroris Ke Tuhan appeared first on TurnBackHoax.