[SALAH] Pertamina di Palembang Terbakar

by -18 views

Hasil Periksa Fakta Fathia Islamiyatul Syahida (Universitas Pendidikan Indonesia)

Informasi tersebut salah. Faktanya, bukan Pertamina Palembang yang mengalami ledakan dan kebakaran, tetapi PLTG CNG Jakabaring Palembang.

= = =
Kategori: Konten yang Menyesatkan
= = =
Sumber: Facebook
https://archive.md/sRXVr

= = =
Narasi:
“Si BABIHOK emang gk becus ngurus PERTAMINA. stlh kmrn Pertamina terbesar se Asean skrng giliran Pertamina di Palembang 😤😤 Hukum Alam #KAMI_TOLAK_BABIHOK.”

= = =
Penjelasan:

Akun Facebook Poni Ernawati membagikan unggahan yang menyatakan Pertamina di Palembang terbakar. Kejadian tersebut juga diklaim sama seperti insiden terbakarnya kilang minyak milik Pertamina di Balongan, Kab. Indramayu. Dalam unggahan tersebut disertakan video yang menunjukan kebakaran.

Berdasarkan penelurusan, klaim tersebut salah. Melansir dari Channel YouTube Tribunnews.com, video terebut merupakan video terbakarnya Pembangkit Listrik Tenaga Gas (PLTG) Compressed Natural Gas (CNG) Jakabaring di Palembang yang meledak pada Jumat, 16 April 2021. PLTG CNG diduga terbakar akibat adanya hubungan arus pendek listrik.

PLTG CNG Jakabaring adalah pembangkit listrik yang menggunakan bahan bakar gas alam terkompresi atau Compressed Natural Gas (CNG) pertama di Indonesia. PLTG CNG Jakabaring merupakan kerjasama antara PLN dan Perusahaan Daerah Pertambangan dan Energi (PDPE) dengan memanfaatkan gas yang ada di Sumatera Selatan, tidak ada hubungannya dengan Pertamina.

Dengan demikian, klaim bahwa pertamina di Palembang terbakar adalah hoaks dalam kategori konten yang menyesatkan.

= = =
Referensi:
https://www.youtube.com/watch?v=3yecK-BAXic

https://palembang.tribunnews.com/2021/04/16/breaking-news-pltg-cng-jakabaring-meledak-api-dan-asap-hitam-membumbung-tinggi

https://finance.detik.com/foto-bisnis/d-3414553/melongok-pltg-cng-jakabaring

===
Editor: Bentang Febrylian

The post [SALAH] Pertamina di Palembang Terbakar appeared first on TurnBackHoax.