[SALAH] Pesan tentang Foto “Mexico Did It” yang Dapat Retas Ponsel

by -19 views

Hasil Periksa Fakta Khairunnisa Andini (Universitas Diponegoro).

Faktanya, narasi tersebut merupakan hoaks lama yang kembali beredar. Tidak ditemukan keberadaan foto berjudul “Mexico Did It” yang disebut telah beredar melalui email.

= = = = =

KATEGORI: Konten Palsu/Fabricated Content

= = = = =

SUMBER: Facebook
https://archive.ph/pO847

= = = = =

NARASI:

[diterjemahkan ke dalam Bahasa Indonesia]

“Ada email yang beredar dan menyertakan sebuah foto yang menunjukkan bahwa Covid-19 telah berhasil ditangani di Meksiko dan foto tersebut berjudul “Mexico did it”, jangan buka foto itu karena foto tersebut akan meretas ponsel dalam 5 detik dan tidak akan dapat dihentikan. Itu adalah sebuah virus.”

= = = = =

PENJELASAN:

Pengguna Facebook dengan nama pengguna Fran Mansfield mengunggah sebuah narasi yang menyatakan bahwa terdapat email yang beredar dan menyertakan sebuah foto yang menunjukkan bahwa Covid-19 telah berhasil ditangani di Meksiko. Narasi tersebut juga menyatakan bahwa foto yang berjudul “Mexico Did It” atau “Meksiko Telah Berhasil” tersebut sebenarnya merupakan virus yang dapat meretas ponsel dalam kurun waktu 5 detik dan tidak akan dapat dihentikan.

Berdasarkan hasil penelusuran, tidak ditemukan keberadaan foto berjudul “Mexico Did It” yang disebut telah beredar melalui email. Lebih lanjut, narasi ini merupakan hoaks yang kembali beredar. Narasi serupa yang pernah beredar sebelumnya dengan judul pesan yang berbeda, yaitu “India Is Doing It” dan “Argentina Is Doing It”. Artikel mengenai kedua narasi tersebut telah dimuat dalam situs turnbackhoax.id.

Informasi dengan topik serupa juga telah dimuat dalam situs Snopes dengan judul artikel “Did an image File Titled ‘Mexico Did It’ Spread Malware?” dan mengkategorikannya sebagai ‘false’.

Dengan demikian, narasi yang diunggah oleh pengguna Facebook dengan nama pengguna Fran Mansfield tersebut dapat dikategorikan sebagai Konten Palsu/Fabricated Content.

= = = = =

REFERENSI:

https://turnbackhoax.id/2020/11/05/salah-pesan-berantai-india-is-doing-it-bisa-retas-ponsel/

https://turnbackhoax.id/2021/01/09/salah-pesan-tentang-video-argentina-is-doing-it-yang-dapat-retas-ponsel/

https://www.snopes.com/fact-check/cnn-bbc-mexico-malware/

Penulis: Khairunnisa Andini
Editor: Bentang Febrylian

The post [SALAH] Pesan tentang Foto “Mexico Did It” yang Dapat Retas Ponsel appeared first on TurnBackHoax.