[SALAH] Pesan WhatsApp AKP Suparlan dari Kapolsek Maniis, Tasikmalaya Menawarkan Motor dan Mobil Lelang

by -22 views

Hasil Periksa Fakta Novita Kusuma Wardhani (Institut Ilmu Sosial dan Ilmu Politik (IISIP) Jakarta). Informasi tersebut salah. Faktanya melansir dari jabarnews.com, AKP Suparlan menegaskan bahwa nomor WhatsApp tersebut bukanlah nomor WhatsApp miliknya.

Selengkapnya di bagian penjelasan.

===

Kategori: Imposter Content

===

Sumber: tangkapan layar WhatsApp

===

Narasi:

“Sekiranya ada butuh cari kendaraan. Ini ada kendaraan murah” pak.”.

Penjelasan:
Beberapa waktu lalu sempat beredar sebuah pesan personal yang mengatasnamakan AKP Suparlan dari Kapolsek Maniis, Tasikmalaya terkait penawaran motor dan mobil lelang dengan harga murah. Melansir dari sinarjabar.com, oknum yang mengatasnamakan AKP Suparlan awalnya menghubungi calon korban dengan menggunakan berbagai alasan seperti menanyakan kabar terlebih dahulu. Setelah itu oknum tersebut menawarkan motor dan mobil dengan harga murah. Misalnya seperti harga Toyota Fortuner 4×4 VRZ tahun 2020 seharga Rp300 juta dengan bunga 0%, tanpa penarikan unit dan cicilan bebas atau flexible. Kemudian setelah penawaran kendaraan tersebut dilakukan, oknum yang mengatasnamakan AKP Suparlan tersebut meminta calon korbannya untuk mentransfer uang DP ke rekening miliknya.

Melansir dari jabarnews.com, AKP Suparlan menegaskan bahwa nomor WhatsApp yang mengatasnamakan dirinya itu bukanlah nomor WhatsApp miliknya. Lalu ia juga menduga bahwa foto profile yang digunakan dalam akun WhatsApp tersebut ialah foto yang diambil dari akun Facebooknya ketika ia sedang bertugas di bendungan Cirata.

Selain itu, AKP Suparlan juga menyatakan bahwa ia baru mengetahui perihal informasi tersebut setelah kakaknya memastikan apakah benar AKP Suparlan menjual mobil atau tidak. Atas dasar tersebut, AKP Suparlan mengimbau kepada masyarakat agar tetap berhati-hati dan waspada terhadap modus-modus penipuan yang mengatasnamakan orang lain. Serta masyarakat juga diharapkan untuk tidak mudah percaya dengan modus penipuan seperti itu. Lalu diharapkan pula agar masyarakat hendak melakukan konfirmasi terlebih dahulu atas kebenaran informasi yang disampaikan oleh pelaku ketika mendapati pesan WhatsApp dengan modus seperti itu.

Berdasarkan pada seluruh referensi, informasi terkait Pesan WhatsApp AKP Suparlan dari Kapolsek Maniis, Tasikmalaya Menawarkan Motor dan Mobil Lelang ialah informasi salah dan masuk ke dalam kategori imposter content.

Referensi:

https://sinarjabar.com/peristiwa/23626/nama-kapolsek-maniis-dicatut-pelaku-penipuan/

https://jabarnews.com/read/110502/setelah-bupati-purwakarta-kini-giliran-nama-kapolsek-maniis-dicatut-penipu-ini-modusnya/3

Penulis: Novita Kusuma Wardhani
Editor: Bentang Febrylian

The post [SALAH] Pesan WhatsApp AKP Suparlan dari Kapolsek Maniis, Tasikmalaya Menawarkan Motor dan Mobil Lelang appeared first on TurnBackHoax.ID.

No More Posts Available.

No more pages to load.