[SALAH] “Polisi China Latihan Di LIPPO CIKARANG”

by -21 views

BUKAN Polisi China. Perekam video memang berbicara menggunakan bahasa asing, tetapi FAKTANYA yang berada di dalam video adalah pasukan dari Korps Brimob Polri yang sedang berlatih “urban warfare”.

Selengkapnya di bagian PENJELASAN dan REFERENSI.

KATEGORI: Konten yang Salah.

SUMBER: Facebook, http://bit.ly/3q0EwTT (arsip cadangan).

NARASI: “BARU2 ini..
Ada apa di LIPPO CIKARANG, Polisi China Bisa Latihan Di Situ. Terbukti Bahwa Orang2 China Yg Masuk Indonesia Adalah Para polisi/tentara China. Ini sama saja Dgn Mengangkangi Kedaulatan Negara dan Harga diri Bangsa Yg Merdeka”.

PENJELASAN

Berdasarkan 7 Jenis Mis dan Disinformasi oleh First Draft, masuk ke “Konten yang Salah: Ketika konten yang asli dipadankan dengan konteks informasi yang salah” [1]. SUMBER membagikan video rekaman pasukan Korps Brimob Polri yang sedang berlatih “urban warfare” dengan narasi yang memelintir konteks faktanya, dengan “modal” perekam video yang berbicara menggunakan bahasa asing.

Salah satu sumber video yang beredar sebelumnya pada 21 Februari 2021 [2], SUMBER membagikan pada 24 Februari 2021.

Sumber video lainnya, unggahan pada 20 Februari 2021 dengan keterangan yang sudah dituliskan di dalam video [3]

Beberapa Artikel yang Berkaitan

ANTARA: “Pasukan Gegana Korps Brigade Mobil Kepolisian Negara Republik Indonesia menggelar latihan berskala besar di wilayah perkotaan atau urban warfare di Distrik 1 Meikarta Lippo Cikarang, Kabupaten Bekasi untuk memelihara serta menjaga kesiapan operasional pasukan.” [4].

Liputan6.com: “Guna memelihara dan menjaga kesiapan operasional Pasukan Gegana menghadapi kejahatan berintensitas tinggi, utamanya yang menggunakan senjata api dan bahan peledak, Pasukan Gegana KorBrimob Polri melakukan latihan besar-besaran di Distrik 1 Meikarta, Lippo Cikarang. Latihan ini merupakan implementasi latihan besar-besaran wilayah perkotaan, khususnya large cities atau medium size town.” [5]

ANTARA: “Latihan urban warfare untuk mengantisipasi kejahatan berkadar serta berintensitas tinggi, utamanya yang menggunakan senjata api dan bahan peledak” [6]

REFERENSI

[1] firstdraftnews.org: “Berita palsu. Ini rumit.” http://bit.ly/2MxVN7S (Google Translate), http://bit.ly/2rhTadC.

[2] Rafa Satria @ youtube.com: “AKSI DENSUS 88 DI MEIKARTA LIPPO CIKARANG!!!Latihan anti teroris”, https://bit.ly/2NulrMF / cadangan cetak PDF*.

[3] Rajawalinewstv Rajawalinewstv @ youtube.com: “Latihan Anti Teror Densus 88 Meikarta Lippo Cikarang Bekasi”, https://bit.ly/2NZnGqO / cadangan cetak PDF*.

[4] antaranews.com: “Pasukan Gegana Korps Brimob Polri latihan “urban warfare” di Meikarta” http://bit.ly/3pSmN0G / https://archive.md/GcLqN (arsip cadangan).

[5] liputan6.com: “Meikarta Jadi Arena Latihan Urban Warfare Gegana Brimob” http://bit.ly/3r5HJ5X / https://archive.md/2pnJI (arsip cadangan).

[6] antaranews.com: “Korps Brimob Polri latihan “urban warfare” di Meikarta Bekasi”, http://bit.ly/2NGmcC5 / https://archive.md/evwVi (arsip cadangan).

CATATAN

* Situs arsip sedang TIDAK bisa digunakan untuk membuat cadangan dengan sumber situs video per artikel ini disusun.

The post [SALAH] “Polisi China Latihan Di LIPPO CIKARANG” appeared first on TurnBackHoax.